-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari

Loading

KASAL: 59 tahun Pengabdian Tiada Henti Korps Wanita TNI Angkatan Laut

- Thursday, January 06, 2022
Dilihat 0 x



JAKARTA

JAWATIMURNEWS.COM - “Perjalanan panjang 59 Tahun, Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) telah membuktikan komitmen dan konsistensinya bahwa kodrat kewanitaan sama sekali tidak menghalangi hak dan kewajiban untuk mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia. Prajurit Kowal memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dengan prajurit lainnya.” Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat memimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-59 Kowal yang terpusat di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, (05/01).

Kasal menegaskan bahwa, anggota Kowal memiliki peran istimewa, sebab anggota Kowal mengemban multi peran dalam menjalani kodratnya sebagai wanita yang seutuhnya. Selain memikul tanggung jawab sebagai prajurit Jalasena, Kowal juga berperan menjadi seorang istri dan sekaligus sebagai seorang Ibu dalam kehidupan rumah tangga.

Peringatan ulang tahun yang mengangkat tema, “Bersemangat, tangguh, wujudkan Indonesia tumbuh, Indonesia tangguh” dipimpin  Komandan Upacara Letkol Laut (K/W) Istianah, S.K.M.,M.Kes., yang kesehariannya menjabat Kasi Faskes Mob Subdis Faskes Diskesal dan melibatkan pasukan upacara 1 Pleton Pamen Kowal, 1 Pleton Pama Kowal, 1 Pleton Pasukan Bintara Bersenjata, serta Pasukan Gabungan Bintara Kowal dari Pelaut, Marinir, Pomal, Penerbang dan United Nations.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal mengatakan bahwa, peringatan hari ulang tahun Kowal ini bukan sebuah euforia kegembiraan, tetapi mengandung makna rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus momen evaluasi dan introspeksi, akan tetapi situasi itu sama sekali tidak menyurutkan tekad bersama untuk tetap berdiri kokoh dan terus membangun TNI Angkatan Laut menuju Jalesveva Jayamahe.

“Sebagai profil wanita Indonesia, Kowal harus senantiasa menjunjung tinggi kehormatan, menjaga tutur kata, etika, perilaku dan penampilan, baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari. Hal ini selaras dengan sesanti Korps Wanita TNI Angkatan Laut, pengabdian dan kehormatan adalah jiwaku,” pesan Kasal untuk para Kowal yang berdinas di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rangkaian Peringatan HUT ke-59 Kowal ini juga ditandai dengan penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun kepada Letkol Laut (KH/W) Ernawati, Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun kepada Mayor Laut (S/W) Wahyu Kartika, S.E., dan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun kepada Sertu Bek/W Tri Kusuma Wardani. Usai upacara, Kasal menyapa para Kowal seluruh Indonesia melalui media video conference yang mengikuti upacara secara virtual.

Hadir dalam acara tersebut, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, para Pejabat Utama Mabesal, para Kadis di lingkungan Mabesal, Kadispsi AL Laksma TNI Wiwin D. Handayani selaku Perwira Tertua Kowal wilayah Surabaya, serta Kapok Sahli Koarmada I Laksma TNI Tresna Kusumawati selaku Perwira Tertua Kowal wilayah Jakarta.


Sumber : Jtn Media Network  

Dinas Penerangan Angkatan Laut.


(John)

 

Start typing and press Enter to search

a