-->
Loading...
Info/Berita Jtn Hari Ini |
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari

Warga Minta Pemdes Memperhatikan Tebing Sungai yang Longsor

- Sunday, January 30, 2022
Dilihat 0 x

 



SAMPANG MADURA_JAWA TIMUR 

JAWATIMURNEWS.COM - Akibat tergerus air sungai pada saat banjir warga Dusun Lenggengah Kampung Ronteh Desa Asem Nunggal Kecamatan Jrengik,Sampang Madura meminta Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat segera  melaporkan ke Dinas yang berhak  menangani terkait tebing sungai yang longsor.Sebab di sisi tebing sungai longsor itu ada akses jalan satu satunya yang di utamakan oleh warga kampung setempat.

Tebing sungai yang longsor tepatnya di Kampung Ronteh ,akibat dari tebing sungai longsor tersebut warga setempat bolak balik rame rame gotong royong agar tidak semakin membahayakan ke jalan utama.Akibat longsornya tebing sungai itu sudah separuh jalan utama sudah ikut terkikis longsor.

Salah satu warga Dusun Lenggengan Kampung Ronteh Suhadak (55 th)  memaparkan, tebing sungai yang longsor itu sudah lama tanpa ada perbaikan,walaupun ada perbaikan itu swadaya masyarakat.Warga di sini mohon agar Pemdes memperhatikan supaya jalan utama tersebut tidak ikut longsor.Sebab,jalan itu merupakan satu satunya akses yang di utamakan oleh warga.

" Mimang dulu sempat ada perbaikan dengan longsornya tebing sungai itu,namun tidak tahan lama.Sebab,jalan di sisi tebing sungai itu tempat benturan air yang deras jika ada banjir datang ,paparnya.

Bahasa yang sama di lontarkan oleh Yahya (54 th) warga Kampung Ronteh, pihaknya dengan tegas mengatakan, sebaiknya Pejabat (Pj) Kepala Desa Asem Nunggal segera mengambil sikap dan berupaya melaporkan terkait dengan tebing sungai yang longsor itu.

" Kalau tebing sungai yang longsor itu di biarkan begitu saja,tanpa ada usaha perbaikan,ya setidak tidaknya Pejabat (Pj) Kades Asem Nunggal melaporkan ke Dinas yang menangani supaya ada perhatian serius dari Pemerintah Daerah,tegasnya.

Ia juga menegaskan,tebing sungai yang longsor sudah lama, kalau masyarakat kampung Ronteh tidak memperbaiki melalui swadaya maka jalan yang berada di sisi tebing sungai itu sudah tidak bisa di lewati oleh kendaraan roda empat.

" Mimang ada sumbangan berupa batu dari mantan Pak klebun dan juga masyarakat sini,namun dalam pekerjaannya tetap swadaya masyarakat.Dulu mantan Kades Asem Nunggal pernah bilang bahwa tebing sungai yang longsor itu akan di perbaiki dan sempat diisulkan,namun hingga kini tidak terbukti,ujarnya dengan tegas.

Saat di konfirmasi Pejabat (Pj) Kepada Desa Asem Nunggal Syaiful Hayat,S.sos pada Jum'at (28/1/2022) dengan santai mengatakan, tebing sungai yang longsor itu,nanti akan di musyawarahkan di Musdes selanjutnya di tingkat Musrenbangcam.

" Dan insyaallah akan saya prioritaskan terkait tebing sungai yang longsor tersebut di tahun 2023 agar tidak merambah ke jalan,sebab jalan yang berada di sisi tebing sungai itu merupakan akses utama bagi masyarakat kampung Ronteh dan sekitarnya,ujarnya.



Sumber : Jtn Media Network 

(Zahrudin)



 

Start typing and press Enter to search