BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Tiga Wilayah di Kabupaten Pasuruan Yang Berpotensi Bencana, Bupati Pasuruan Ajak dan Meminta Warganya Agar Lebih Waspada

Dilihat 0 kali

 

Foto : Irsyad Yusuf  Bupati Pasuruan

Pasuruan _ Jawatimurnews.com


Irsyad Yusuf (Bupati Pasuruan) meminta kepada seluruh masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah dataran tinggi agar lebih waspada terhadap potensi terjadinya bencana. Menurutnya ada tiga wilayah dataran tinggi yang rawan atau potensi bencana diantaranya ditujukan bagi warga di Kecamatan Tosari, Tutur dan Puspo.


Menurut Kepala Daerah, lokasi geografis yang berada di daerah perbukitan menyebabkan ketiga kawasan tersebut rawan longsor. Terlebih waktu terjadi hujan intensitas deras dengan durasi lama yang sangat berpeluang mengguyur Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya setiap saat. 


"Saya ingatkan khususnya kepada seluruh warga Tosari, Puspo, Tutur dan sekitarnya. Wilayah kita ini khususnya di ketiga daerah tersebut, masuk kawasan rawan bencana. Karena itu, kewaspadaan masyarakat, mitigasi bencana kepada masyarakat ini sangat penting. Saya titip kepada Pak Danramil, Pak Camat, Pak Kapolsek, Pak Kepala Desa, karena wilayah kita ini rawan bencana, maka masyarakat harus kita ingatkan setiap saat. Kalau perlu mitigasi artinya memberikan pemahaman kepada warga tentang kewaspadaan bencana," pesan Bupati kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam resepsi Dharma Santi Kabupaten Pasuruan, Hari Suci Nyepi Tahun 1945 Saka di Balai Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Minggu (7/5/2023) siang.  


Di sisi lain, Gus Irsyad demikian biasanya alumni terbaik Program Doktor Ilmu Linkungan, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Brawijaya tersebut disapa juga menghimbau kepada warga agar senantiasa merawat lingkungan sekitar. Bersama-sama saling menjaga dan memberikan manfaat untuk alam. 


"Maka dari itu, kita harus menjaga alam kita. Jalan menuju Kecamatan Tosari, alhamdulillah sudah dalam kondisi lebar. Meskipun ada di beberapa titik yang longsor karena kita di daerah rawan bencana. Mudah-mudahan di resepsi Dharma Santi ini, kita berharap wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, mudah-mudahan dijauhkan dari bencana," ucap Bupati.


Sebelumnya, Bupati Irsyad menyatakan bahwa eksotisme panorama Gunung Bromo menjadi potensi alam sekaligus daya tarik wisata tersendiri bagi seluruh warga Tosari. Maka dari itu harus dirawat kelestariannya sebagai kawasan konservasi alam.  


"Tosari ini adalah Kecamatan yang menjadi kebanggaan Kabupaten Pasuruan dengan potensi alam dan wisata yang luar biasa. Gunung Bromo, meski ada di 4 wilayah Kabupaten/ Kota, tapi yang menjadi jujugan utama adalah di Tosari. Maka dari itu harus kita jaga," tandasnya dihadapan Ketua Parisada Hindu Indonesia (PHDI) Provinsi Jawa Timur, Nyoman Anom Mediana; Ketua PHDI Kabupaten Pasuruan, Irawan serta Dharma Wacana, Yuliono. 




Sumber : Jtn Media Network 

Pewarta : Jid 

Editor : Yazid453

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form