BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Laga PON XX Papua, Gubernur Jatim Sempatkan Borong Oleh-Oleh Khas Kota Jayapura

Dilihat 0 kali



SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke Papua memberikan dukungan kepada atlet Jawa Timur yang berlaga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Disela-sela kunjungan tersebut kemarin, Gubernur Jatim berkunjung ke pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura dengan memborong nokes ciri khas Papua. Pada kesempatan itu, noken diborongnya dan rencana akan dibagikan ke sejumlah kawan-kawan yang memesannya.

"Kami sampaikan, nokes ini merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu. Jadinya, rekan-rekan saya banyak mengetahui sedang berada di Jayapura. Sehingga, berapa ada yang meminta dibawakan oleh-oleh khas Papua," tuturnya.

Tak hanya noken yang diborongnya, Gubernur Jatim Khofifah juga memborong berbagai buah-buahan khususnya pisang kepok merah yang dijual para pedagang, termasuk sarang semut dan balsem pala khas Papua Barat.

Balsem yang termasuk bahan kosmetik memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Produk tesebut, merupakan hasil kerjasama Badan usaha Milik Kampung (BUMK) di Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat.

Menurutnya, aksi memborong tersebut, merupakan bagian dari upaya turut mendorong pemulihan perekonomian masyarakat serta menyemangati mama- mama penjual di pasar sini yang terdampak pandemi Covid-19. Mengingat, pandemi berdampak besar pada roda perekonomian masyarakat, utamanya pelaku UMKM.

Di Pasar Mama-Mama Papua, Khofifah juga tampak begitu menikmati suasana pasar dan bercengkrama mengajak pedagang berbincang dan membagi-bagikan kue Spikoe yang notabene adalah panganan khas Surabaya, Jawa Timur.

Dikatakan kembali, kunjungannya ke Pasar Mama-Mama Papua bukan yang pertama. Diantara, mereka cukup banyak yang mengenal Khofifah Indar Parawansa sebagai menteri.

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur setiap kali berkunjung ke Jayapura, dan wilayah Papua lain kami selalu sempatkan diri untuk datang ke pasar mama-mama. Biasanya, yang kami cari pisang kepok merah manis gurih.  

Dulu kondisi pasar tidak seperti sekarang, jauh berbeda karena sudah diperbaharui sekitar 2 tahun belakangan," ujar Gubenur Jatim Khofifah seperti dikutip birohumas.jatimprov.go.id.

Sebelum beranjak, Gubernur Khofifah menulis di atas kertas putih yang diminta salah satu pedagang. Sebuah kalimat yang mengungkapkan rasa bahagia bisa berbelanja di Pasar Mama Papua serta harapan doa agar Mama Papua bisa terus berkarya.

Sementara, salah satu pedagang Agustina Mote (51) mengaku, senang barangnya dibeli orang nomor satu di Jatim. dia pun sempat tidak menyangka jika bisa bertatap muka langsung dengan Gubernur Jatim Khofifah yang juga Mantan Menteri Sosial (Mensos) RI ini.

"Tadi Ibu Gubernur beli tas noken seharga Rp. 300 ribu dan sarang semut seharga Rp. 100 ribu. Saya sangat senang karena belum ada pembeli. Setelah Ibu Khofifah datang, baru dapat uang. Lumayan Rp. 400 ribu," tuturnya. (Novian F)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form