-->

Tuntut Konsesi ke PT. KAI Persero, Aksi APRTN Gelar Demo di DPRD Kota Surabaya

- October 05, 2021


SURABAYA - Para aliansi penghuni rumah tanah negara (APRTN) menggelar aksi demo di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kota Surabaya, Jalan Yos Sudarso No. 18-22, Kecamatan Genteng Surabaya.

Pantauan jawatimurnews.com di lokasi tersebut, ratusan aksi demo menuntut atas keadilan terkait persoalan sengketa tanah PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero. Bahkan, pihak Koordinator Aksi APRTN Achmad Syafi'i pun juga dilaporkan oleh PT. KAI (Persero) ke pihak berwajib Kepolisian atas tuduhan penghasutan.

"Kita gelar aksi demo untuk mencabut tuntutan pihak PT. KAI (Persero) terkait konsesi (pemberian hak, izin, atau tanah oleh pemerintah, perusahaan, individu, atau entitas legal lain) kalau memang itu dipersulit. Konsepnya, mempersulit seperti, melaporkan kriminalisasi kan, mempersulit, kita dilaporkan pasal penghasutan," kata Koordinator Aksi APRTN Achmad Syafi'i saat diwawancarai awak media, Selasa (5/10).

Achmad Syafi'i juga menginginkan, semua penyelesaian merujuk kembali kepada yang diperintahkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo.

"Jadi, ini kan persoalan sengketa klasik yang banyak hampir terjadi di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Kemudian, sambungnya, setiap konflik seperti ini Bapak Presiden RI sudah merintahkan kalau fakta setiap konsesi yang diberikan oleh Pemerintah baik swasta, maupun BUMN kalau fakta disitulah adanya perkampungan, desa yang sudah ditempati berpuluh-puluhan tahun. Maka, memberikan kepastian hukum, dan hak kepada masyarakat," kata dia.

Achmad Syafi'i juga menyebut, setelah dilakukan diskusi kepada Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono berjanji memanggil pihak terkait segera dilakukan hearing.

"Mudah-mudahan, semua pihak berpersepsi yang sama dalam persoalan tersebut, merujuk pada yang sudah diperintahkan oleh Bapak Presiden RI," ungkapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menyampaikan, jika aksi demo dapat teratasi. Sehingga, nanti akan diadakan rapat dengar pendapat (hearing) oleh Komisi bersangkutan.

"Akan segera dilakukan hearing bersama perwakilan APRTN dengan PT KAI (Persero)," ucap Awi, sapaan akrab Ketua DPRD Kota Surabaya ini. (Novian F)

 

Start typing and press Enter to search