-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari





Loading

Pereli WSBK Jogging Jajal Lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika

- November 17, 2021



LOMBOK_NUSA TENGGARA BARAT

jawatimurnews.com - ParaPembalap WSBK yang sudah tiba di Lombok Indonesia seperti Toprak asal Turki, Kamis pagi 18 November 2021, terlihat mulai menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan melakukan jogging.

Dalam kesempatan itu, beberapa pembalap terlihat melakukan jogging mengintari area sirkuit.

Menggunakan celana pendek, berkacamata tahan panas dan bertelanjang dada, para Pereli kelas dunia itu menikmati indahnya kawasan sirkuit Pertamina Mandalika.

Mereka menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer itu.

Mereka terlihat mulai dari Dari garis start/finish.

Saat berlari dilintasan sirkuit mereka terlihat bergembira dan sesekali melihat keadaan serta menjajal kondisi lintasan yang basah akibat diguyur hujan.

Sirkuit Mandalika ini kan sirkuit baru, dan saat ini tengah memasuki musim hujan, jadi para pereli turun kelapangan melihat kondisi alam dan jajal lintasan sirkuit, ujar Endar Bidang IT dan Humas ITDC.

lintasan Sirkuit Mandalika telah dibangun dengan menggunakan teknologi pengaspalan paling modern bernama stone mastic asphalt (SMA), yakni campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal dengan tujuan memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

SMA memiliki daya penetrasi yang tinggi, sehingga pembalap tidak mudah terjatuh saat terjadi wet race atau jalan licin akibat air hujan.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.

Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outter (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter), serta pit lane (panjang 835 meter dan lebar 14 meter).

Sirkuit Pertamina Mandalika memiliki 17 titik tikungan, dan ada beberapa tikungan yang tajam.

Sirkuit ini telah menyabet tiga rekor MURI dan satu rekor MURI baru yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Rekor-rekor tersebut antara lain pembangunan lintasan sirkuit tercepat, pembangunan sirkuit pertama standar FIM, kategori pengaspalan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak, dan pembangunan gedung pit sistem modular tercepat di sirkuit bertaraf internasional.


(Ranti)

 

Start typing and press Enter to search