-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari








Loading

Inilah Refleksi akhir tahun 2021. KABUPATEN BIMA.

- Friday, December 31, 2021
Dilihat 0 x



BMA

jawatimurnews.com -Tahun 2021 merupakan tahun kemenangan sekaligus tahun penataan bagi Pemkab Bima.

Awal Tahun 2021 adalah masa dimana seluruh daerah di Indonesia mengalami krisis akibat Pandemi Covid -19.
Mestinya Januari merupakan awal menata dan mencatat lembaran baru yang optimis, tetapi Covid -19 membuat proses perencanaan didaur ulang kembali.

Dan bagi Pemkab Bima aroma tahun politik 2020 lalu membawa imbas pada kehidupan sosial politik dibeberapa wilayah.

diawal tahun 2021 inipun secara fakta dan legal Hukum pasangan IDP-DAHLAN unggul atas keterpilihan masyarakat dan memenangkan Putusan 9 Hakim Mahkamah Konstitusi.
Inilah tahun kemenangan cikal bakal memenangkan langkah langkah selanjutnya proses pembangunan Bima Ramah yang berkelanjutan.

Menutup tahun 2021 perlu melakukan evaluasi atas semua pelaksanaan tugas selama satu tahun terakhir guna mengetahui apa saja capaian-capaiannya, sejauh mana output dan outcome-nya memenuhi target dan sasaran yang telah ditetapkan, serta apa saja kelemahan serta kekurangan yang perlu diperbaiki ke depannya, dalam mewujudkan visi misi BIMA RAMAH.

Bahwa Evaluasi semestinya tidak saja dilakukan melalui ruang Rapat Paripurna DPRD dalam LPJ tahunan, tetapi bisa dilakukan pola dalam bentuk Jumpa Pers atau dalam bentuk Pers Rilis yang dilakukan Diskominfo dan Kabag Prokopim, baik Kabupaten Bima maupun Kota Bima.

Karena evaluasi juga dapat dimanfaatkan untuk menilai dan menyusun langkah strategis ke depan dalam membuat kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu kesempatan ini juga merupakan momen yang tepat untuk melakukan asesmen atas perkembangan situasi, didaerah kita dan proyeksinya untuk tahun mendatang, sebagai basis untuk melakukan penyesuaian, fokusing dan refokusing kebijakan serta langkah yang akan kita ambil.

Harian amanat dalam perspektif Refleksi akhir tahun 2021 hanya fokus pada upaya pemerintah kabupaten Bima sepanjang tahun 2021 adalah menangani wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan seluruh dampaknya, baik kesehatan, sosial dan ekonomi.

Upaya Pemkab Bima pasangan IDP -DAHLAN beserta Sekda dan seluruh OPD dalam memusatkan perhatian sepenuhnya pada upaya pencegahan penularan, penanganan korban, pemberian bantuan sosial bagi mereka yang terdampak, dan menjaga perekonomian agar tidak mandeg (terhenti) ataupun jatuh terlalu dalam.

Berikutnya adalah mengupayakan ketersedian vaksin, proses vaksinasi serta capaian vaksin yang kesemuanya berakibat pada Refokusing anggaran APBD II.

Upaya lainnya adalah terkait dengan pelaksanaan tugas pemerintahan paska refokusing.

Harian amanat mencatat beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut, diantaranya pertama, Pengentasan Kemiskinan dan Pencegahan Stunting, Kedua, Pemberdayaan UMKM, Ketiga, Polarisasi RDKK ketersediaan Pupuk dan Obat-obatan pertanian,
Keempat Perbaikan Lingkungan dan Pariwisata.

Dan Tahun 2021 menjadi tahun yang perlu mendapatkan apresiasi yang baik bagi ASN Kabupaten Bima, Rotasi dan peremajaan ditubuh birokrasi menjadi hal yang strategis dalam upaya mengeksekusi seluruh kebijakan.

Kepada seluruh pejabat serta staf di Pemerintahan IDP -DAHLAN telah menunjukan kerja keras dalam mendukung kinerjanya pemerintahan.

Ada peningkatan integritas, kredibiltas serta fokus dan kualitas kerja menuju masa depan dan pencapaian visi BIMA RAMAH, itu di buktikan dengan berbagai Penghargaan Inovasi dan Wajar Tanpa Pengecualian yang diterima Bupati IDP.

Cara Komunikasi yang terus dipelihara Bupati IDP atas seluruh OPD melahirkan semangat baru pada generasi-generasi muda dijajaran OPD.
ada peningkatkan profesionalitas, kreatifitas dan inovasi di bidang tugas masing-masing, dan usaha menjaga baik kredibilitas, integritas serta akuntabilitas institusional maupun pribadi.
Sehingga di tahun 2021 ini jarang kita baca ASN Pemkab Bima terjerat kasus hukum.

Dan Tahun 2021 juga merupakan tahun duka bagi Pemkab Bima.
situasi pandemi Covid-19 tentunya merupakan tantangan tersendiri, beberapa Pejabat Pemkab Bima, wafat ditengah Pandemi akibat penyakit bawaan.

Tahun 2021 Tahun Kemenangan IDP DAHLAN atas proses Pemilu Kada, atas capaian vaksin Covid, atas Inovasi dan atas tolok ukur capaian Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik adalah WTP yang berturut-turut.

Sejak kehadiran Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, giat pengembangan desa wisata terus dilakukan.
Terbukti berbagai penghargaan di terimakasih yakni desa wisata alam juga desa wisata budaya.
Dan Bima mendapatkan penghargaan a
Karena menjadi daerah terbanyak yang masuk jaringan desa wisata Nasional.

Karena ada baiknya mulai saat ini Bima Patenkan Pacoa Jara dan GUNUNG TAMBORA sebagai sebuah destinasi.

Dan akhirnya…Bupati IDP menutup tahun 2021 dengan berbagai Prestasi, Inovasi DINDA juga Bupati Tangguh Bencana. Bupati IDP juga memberikan penghargaan kepada 10 wanita berprestasi dilingkup Pemerintahan Kabupaten Bima, juga cinderamata berupa cincin emas kepada para ASN yang Purna Tugas. 


(Miranti)

 

Start typing and press Enter to search

a