-->
Loading...
Info/Berita Jtn Hari Ini |
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari

Kades Sese Kecamatan Dampal Utara Satu Satunya Kades Perempuan Terpilih

- Friday, December 31, 2021
Dilihat 0 x



TOLITOLI

jawatimurnews.com - Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya bersama rombongan disambut dengan rabana oleh masyarakat Desa Sese Kecamatan Dampal Utara dalam rangkaian pelantikan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak pada Jumat pagi ( 31/12)  di Balai Desa Sese.

Rahmawati,  S. Pd Kepala Desa Sese Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli, merupakan satu-satunya Kepala Desa perempuan terpelih menggantikan Kades lama Lasidin. Pada pelantikan tersebut turut dihadiri Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg.  Mallawa,  SE,  Asisten Sekteraris Daerah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan SDA Ir. Muh.Nur Munawar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tolitoli Moh. Zikron,  SH. M.Si beserta jajarannya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan pimpinan unit kerja lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten  Tolitoli,  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli Ny. Sriyanti Amran Dg. Parebba, Camat Dampal Utara  Safrudin Dg. parebba,  SH, Unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan Dampal Utara, para kepala desa yang baru dilantik beserta kepala desa lama, pengurus BPD se-Kecamatan Dampal Utara, serta Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Desa.  Usai pelantikan Kepala Desa dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sese oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Dampal Utara dr. Hj. Masdalina.

Dalam sambutannya Bupati Tolitoli Amran Hi.  Yahya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pemilihan kepala desa serta pihak keamanan dari unsur TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja yang telah melaksanakan tugas  wewenang dan tanggung jawabnya sehingga pemilihan kepala desa serentak terlaksana dengan tertib aman dan lancer. Bupati merasa bangga karena masyarakat telah memiliki kesadaran politik untuk melaksanakan demokrasi di tingkat desa. Dalam kesempatan itu pula, Bupati  mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan   vaksinasi karena pengendalian pandemi melalui vaksin adalah kunci agar kita semua kembali hidup normal, kembali bekerja, anak-anak kembali ke sekolah, utamanya ialah kembalinya perekonomian di Kabupaten Tolitoli yang kita cintai. Dengan tahapan-tahapan pemilihan kepala desa serentak beberapa waktu yang lalu mulai dari penjaringan sampai dengan penetapan kepala desa terpilih, satu kesyukuran bahwa semua proses pemilihan kepala desa tersebut berjalan dengan tertib aman dan lancar, hal ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat desa akan berdemokrasi  ini yang harus kita jaga bersama kedepan. Kegiatan pelantikan kepala desa terpilih pada hari ini merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan.  Peristiwa ini tentunya merupakan legitimasi bagi seorang kepala desa sebelum menjalankan tugas yang diamanatkan kepadanya.  

Pesan Bupati kepada kepala desa yang baru saja dilantik bahwa di antara kewajiban  sebagai kepala desa  antara lain adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan kehidupan demokrasi  dalam menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa serta mentaati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan. 

seorang kepala desa harus mampu tampil menjadi sosok pemimpin dan bisa menjadi teladan bagi warga masyarakat, dalam hal pengelolaan keuangan desa  harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan berdisiplin. 

hal yang penting juga untuk diketahui bahwa desa memiliki anggaran yang cukup sehingga perlu disikapi dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggung jawab agar kepala desa nantinya terhindar dari perbuatan tindak pidana yang pada gilirannya akan mencoreng institusi  keluarga maupun pribadi. 

yang perlu diingat bahwa kepala desa adalah milik seluruh rakyat di desanya  bukan pimpinan barisan pendukung sehingga tidak boleh berlaku diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kalah menang itu adalah hal yang biasa terjadi, namun demi untuk membangun desa, Kades harus bisa mengayomi masyarakat, jabatan harus dijaga,  ini amanah yang harus dijalani, apa keinginan masyarakat harus dipenuhi.  Selain itu, Bupati berharap agar PKK harus dibantu demi untuk kelancaran dan  kesuksesan Desa Sese, jangan menganggap remeh, harus kerja keras, jangan saling menjauhi,  jalani hubungan baik sesama masyarakat, bergotong royong, bangun komunikasi yang baik, agar Desa Sese bisa maju seperti desa yang lain. 

Lanjut Bupati mengharapkan kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik agar jangan tergesa-gesa untuk merombak struktur perangkat desa karena hal ini demi memudahkan pertanggung jawaban administrasi dan keuangan desa. 

Harapan Bupati kepada kepala desa harus memahami tugas dan fungsi diantaranya didalam pemerintahan desa harus diperbaiki, bermasyarakat, banyak bertanya kepada kepala desa yang lama, jalin kerja sama antar pemerintahan desa dengan BPD,  segala persoalan dapat diselesaikan dengan baik.  

Tidak lupa pula Bupati Tolitoli menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lasidin selaku kepala desa yang telah berakhir masa tugasnya atas jasa dan pengabdiannya dalam melaksanakan tugas selama menjabat sebagai Kepala Desa Sese  sehingga peran dan kontribusi untuk mewujudkan peningkatan pembangunan di semua bidang dapat dirasakan oleh masyarakat desa secara langsung.  

Sumber : Jtn Media Network 

Reporter    : ASRIATI

Fotografer : IRFAN BADARUDIN


Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli 


(Arham/Winarno/Abra)

 

Start typing and press Enter to search