-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari








Loading

Sejarah Hari Minggu

- Wednesday, January 12, 2022
Dilihat 0 x




SELAMAT PAGI JTN 

JAWATIMURNEWS.COMKebudayaan Romawi yang sangat melekat di Indonesia hingga saat ini yakni hari Minggu. Hari Minggu di Indonesia ditetapkan sebagai hari libur ternyata punya sejarah panjang, hari yang sangat di tunggu kaum pekerja dan pelajar karena mereka libur. Sebenarnya tidak hanya di Indonesia, hampir di beberapa Negara tenyata juga menjadikan hari Minggu ini sebagai hari libur. Dan dapat dipastikan jika budaya ini hilang dipastikan akan menjadi gejolak.di kutif dari sindonews.18/12/20.

Dengan merangkum dari berbagai sumber Jawatimurnews.com ( Jtn ),  akan berbagi sedikit sejarah tentang asal-usul hari minggu jadi hari libur.

Tiap bangsa dan negara, tentu mempunyai tradisi yang berbeda-beda, termasuk yang berkaitan dengan hari libur ini. Bangsa arab misalnya, mereka menggunakan hari Jum’at sebagai hari liburnya, karena mereka menganggap hari Jum’at adalah hari yang spesial dan sangat baik bila digunakan untuk beribadah.

Lalu kenapa di Indonesia hari libur jatuh pada hari minggu?. Hal ini mengacu pada bangsa Portugis yang dulu pernah datang ke Indonesia ternyata meninggalkan sejarah kata di Tanah Nusantara ini.

Dalam bahasa Portugis, Minggu yang dimaksud adalah serapan dari kata Domingo dengan makna “Hari Tuhan”. Konon, hari ini menggambarkan hari kelahiran Yesus pada kepercayaan Kristen. Kata Domingo sendiri dieja sebagai Minggu di daerah Melayu, termasuk Indonesia, mulai abad ke-19 hingga 20. Berdasarkan penelusuran dokumen-dokumen lama, sejak tahun 1940-an hari Minggu telah menjadi nama hari resmi di Indonesia.

Penulisan lengkap nama-nama hari ini adalah Minggoe, Senen, Selasa, Rebo, Kemis, Djoem’at, dan Sabtoe. Dan berkenaan hari Minggu dijadikan sebagai hari libur, ini berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Bangsa Romawi juga memiliki kebiasaan selalu menandai hari Minggu dan hari penting lainnya dengan menggunakan warna merah.


Sumber : Jtn Media Network 

(Pauzi Asri)

 

Start typing and press Enter to search

a