-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Wagub Jabar Apresiasi Gebyar Pameran Pertanian di Pangandaran

Dilihat 0 kali

 



PANGANDARAN – 

JAWATIMURNEWS.COM - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi Gebyar Pameran Pertanian yang digagas oleh Kelompok Tani Desa Sindangwangi dan Desa Ciganjang  di Lapangan Nugraha, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Rabu (26/1/2022). 

Pameran pertanian tersebut dapat menjadi daya ungkit untuk mengenalkan dan meningkatkan produk tani. 

Pak Uu –sapaan Wagub Jabar-  mengingatkan pentingnya sejak dini anak-anak dikenalkan dengan bertani. Misalnya pada saat di sekolah baik mulai dari PAUD dan sekolah dasar.  Dengan demikian sejak dini mereka akan mengenal jenis-jenis hasil pertanian dan tertarik untuk bertani ketika dewasa. 

“Anak usia dini harus mulai diperkenalkan dengan pertanian supaya mereka di saat dewasa mengenal dunia pertanian. Saya senang anak-anak PAUD sudah dkenalkan dengan pertanian, mudah-mudahan nanti mereka tidak anti bertani,” katanya. 

Pak Uu juga menekankan pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat menekuni pertanian. Apalagi di masa pandemi COVID-19 justru sektor pertanian yang mampu bertahan dibandingkan dengan sektor industri. 

“Jadi pemerintah harus memberikan pengertian pada masyarakat untuk tidak membangun (alih fungsi lahan) pada sawah-sawah yang bagus. Saya minta pada petani jangan menjual sawah," ujarnya. 

Pak Uu juga menyebutkan, produk dan ketersediaan beras di Kabupaten Pangandaran meningkat dari tahun ke tahun, bahkan surplus. Dengan demikian diharapkan melalui pameran ini mampu meningkatkan kembali gairah masyarakat untuk bertani di tengah kemajuan zaman saat ini. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Sutriaman menuturkan, kegiatan pameran yang dilaksanakan murni digagas dan dilaksanakan oleh empat kelompok tani dari Desa Sindangwangi dan Desa Ciganjang, yakni  Kelompok Taruna Tani Mekarbayu, Kelompok Taruna Tani Bedahrahayu, Kelompok Taruna Tani Saluyu Mukti, dan Kelompok Tani Sri Rahayu. 

“Ini inisiatif, swadaya dan diselenggarakan setiap tahun,” kata Sutriaman. 

Di Pangandaran, ungkapnya, produk tanaman berupa rempah yang diunggulkan adalah kapulaga sebagai komoditi penghasil terbesar di Jawa Barat, baik dari kualitas, maupun kuantitas. 

"Ke depannya kami akan mengembangkan komoditi baru sebagai penunjang agrowisata berupa buah anggur," ujar Sutriaman.


Sumber : Jtn Media Network 

Autentikasi : HUMAS JABAR

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

Provinsi Jabar

Ika Mardiah


(Abra)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form