-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari

Loading

Warga Karang Kedawung Bangga Punya Masjid BAITUL MUQORROBIN Hasil Swadaya Masyarakat

- Monday, January 03, 2022
Dilihat 0 x

 



BANYUMAS

JAWATIMURNEWS.COM - Warga Desa Karang Kedawung Bangga memiliki MASJID BAITUL MUQORROBIN yang hampir 98% usai di bangun dengan Anggaran swadaya murni masyarakat, ungkap Bpk Luki seorang Takmir Masjid pada Ahad, 02 Januari 2022.

Masjid Baitul Muqorrobin ini memiliki luas kurang lebih 32 meter x 10 meter diatas tanah bangunan masjid lama ditambah tanah waqaf dari Bpk H. Daud ( sesepuh/Penasehat di Kepengurusan Masjid Baitul Muqorrobin Karang Kedawung Sokaraja, sekaligus Pengurus salah satu Yayasan Pondok Pesantren di Kebasen Bayumas). 

Masjid dengan luas kurang lebih 15 ubin yang terletak di Jalan Menteri Supeno Desa Karang Kedawung Kec. Sokaraja Kab. Banyumas - Jawa Tengah ini dibangun dengan dana RAB awal 1,7 milyard namun hingga pembangunan Masjid hampir selesai 98% saat ini habiskan dana sekitar 2,2 M. Dana ini terkumpul dari swadaya masyarakat, ditambah  Rp. 25 juta dari Dana Inisiatif Desa dan Rp. 50 juta sumbangan dari Basnas Propinsi Jawa Tengah.

Setelah Pembantukan Panitia Pembangunan Masjid dengan musyawarah dan kesepakatan bersama Kepala Desa Karang Kedawung Bpk. Dwi Rudiarto Setiadi, SH. untuk penggalangan dana diadakan  Pengajian dengan menghadirkan tokoh Ulama, Kyai dari Kota Purbalingga Jateng sekaligus Peletakan Batu Pertama pada 27 September 2020 dan saat ini pembangunan Masjid telah mencapai tahap akhir/finising tanggal 31 Desember 2021, total waktu pembangunan mulai dari tahap awal pembongkaran bangunan lama kurang lebih 15 bulan, ucap Puji Hartono selaku pengawas Pembangunan Masjid sekaligus sebagai perangkat Desa Karang Kedawung. 

Perlu di ketahui bahwa Masjid Baitul Muqorrobin  ini terdiri dua lantai, pintu utamanya menghadap ke Utara ke arah Jalan Raya Menteri Supeno  dengan jumlah 4  pintu di lantai bawah dan 2 pintu di lt atas. Sebagai tiang penyangga total ada 25 pilar baik pilar lt bawah maupun lt atas. Tersedia pula jumlah kamar mandi +, WC  ada 12 buah dibuat untuk wanita sebelah selatan dan Kamar mandi plus WC untuk laki-laki berikut tempat wudu di sebelah utara yang letaknya di sisi sebelah kanan depan masjid. 

Serta untuk memberikan kenyamanan bagi para kaum muslimin maupun musyafir yang datang ke masjid rencana akan di beri atap kanopi di halaman parkir agar bus dan kendaraan elp bisa masuk dengan tinggi kanopi sekitar 4,5 meter. 

Masjid rencannya juga akan di lengkapi CCTv untuk keamaanan agar aman serta dibantu oleh Limnas dan akan di bangun Kantor Layanan Masjid, Ruang Takmir, dan Ruang TPQ. Untuk itu masih di perlukan suntikan dana/Infaq bagi donatur dan sukarelawan. 

Sedang Arsitek  dari Pembangunan Masjid Baitul Muqorobbin ini adalah Ir. H. Tonni dari Purwokerto, tambah Luki salah seorang taqmir. 

Dikatakan pula bahwa dengan ditandai telah usainya Pembangunan Masjid Baitul  Muqorobbin ini pada 31 Desember 2021 maka sebelum masjid di Pakai Untuk Pelaksanaan Ibadah Sholat Jum'at tgl. 07 Januari pada Kamis malam, 06 Januari 2022 akan diadakan syukuran sekalikus laporan pertanggungjawaban dan pembubaran Panitia Pembangunan Masjid. 

Rencana untuk Peresmian Masjid akan mengundang para tokoh kyai dan alim ulama serta Bapak Bupati Banyumas atau yang mewakili, imbuh Luki. 


Sumber : Jtn Media Network 

(Syarif AR. Jtn.)

 

Start typing and press Enter to search

a