-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Tradisi Ojungan

Dilihat 0 kali



ANGGARDAYA

JAWATIMURNEWS,COM |

Salah satu tradisi masyarakat Bondowoso yang sedikit tekesan ekstrim  yaitu tradisi tarung Ojung atau Ojungan. Ia memadukan ketangkasan, seni, religi dan beladiri dimana para peserta akan saling cambuk menggunakan rotan tanpa menggunakan pelindung tubuh samasekali.

Biasanya kesenian ini digunakan sebagai ritual untuk menurunkan hujan ketika di Bondowoso mengalami musim kemarau panjang. Para pemain ojung percaya semakin banyak darah yang diteteskan akan semakin cepat turun hujan.

Tak ada dendam di sini, selesai acara mereka akan saling berjabat tangan menandakan perdamaian.

Jika kamu ingin menyaksikan ritual ojung, sekarang sudah dikemas dalam bentuk tarian yang biasa dibawakan satu paket dengan tari Singo Ulung dan Topeng Kona.

Namun jika ingin melihat tari ojung yang digunakan untuk ritual, datanglah ke Bondowoso ketika musim kemarau panjang. Ada beberapa wilayah yang masih mempertahankan tradisi Ojung seperti wilayah Leprak kecamatan Pajekan , desa Blimbing kecamatan tapen dan juga di kecamatan Cermee.

Dan satu lagi, jika kamu berani, kamu pun boleh mencobanya!


Sumber_Jtn Media Network

(Jtn Anggardaya Team)


Sumber : JTN Media Network

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form