-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Siswa SMAN 3 Sidoarjo Meraih "Most Favourite Product of Business Challenge” Tingkat Nasional KOMPek 25 FEB UI

Dilihat 0 kali

 


SIDOARJO - JAWA TIMUR



JAWATIMURNEWS.COM 

Siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo berhasil menjuarai Lomba Ekonomi terbesar Di indonesia yaitu Kompetensi Ekonomi ke 25 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (KOMPek 25 FEB UI) dengan mendapatkan Juara Honorable Mention “Most Favourite Product of Business Challenge” Tingkat Nasional dengan Produk yang berjudul CULTRO INDONESIA pada Awarding Night (9/2) di Gedung Menara Bank Mega, Jakarta Selatan. 


KOMPeK adalah Kompetisi Ekonomi berskala Nasional yang diadakan oleh mahasiswa FEB UI untuk siswa-siswi SMA sederajat dari Sabang sampai Merauke.  Sejalan dengan visinya yaitu memberikan kontribusi nyata untuk pemerataan pendidikan yang berkualitas di Indonesia, KOMPeK merupakan sebuah bentuk pengabdian entitas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada dunia pendidikan di Indonesia. 


"Cultro Indonesia merupakan startup C2C berbasis platform aplikasi Marketplace yang berfungsi sebagai penghubung antara mitra kebudayaan dan customer sehingga dapat mempermudah transaksi baik itu barang ataupun jasa kebudayaan antar 2 pihak dengan memanfaatkan teknologi gawai yang terhubung ke internet" kata Reza Nafi Rizqi selaku CEO Cultro Indonesia, Platform Cultro ini dapat diunduh melalui Google Playstore (Android) dan APP Store (IOS).


Dengan adanya ide yang inovatif siswa SMAN 3 Sidoarjo sebelum berangkat untuk mengikuti lomba di UI telah mensosialisasikan produk tersebut kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Sukartini, S.Pd., M.Pd. selaku Kabid Kebudayaan dan Pengembangan Bahasa Sastra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo sangat terkesan dengan ide inovasi bisnis yang ditawarkan oleh Cultro Indonesia. "Dengan adanya inovasi platform ini, para UMKM kebudayaan yang berada khususnya di Sidoarjo dapat memperluas pangsa pasar bisnisnya hingga ke lingkup nasional", tegas Sukartini, S.Pd., M.Pd.



Tim Cultro Indonesia tidak hanya melakukan sosialisasi kepada Dinas di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saja melainkan juga meminta dukungan kepada ibu Kepala Sekolah SMAN 3 Sidoarjo, Dr. Ristiwi Peni, M.Pd. dan pelaku usaha kerajinan rotan wirausaha muda Thufayl pemilik "Al-Fatihah Rotan. Kepala Sekolah SMAN 3 Sidoarjo menyatakan, "Saya sangat mendukung ide bisnis inovatif dari peserta didik kami, saya juga bangga kepada ketiga siswa kami ini karena sudah lolos di tahap final Kompetisi Ekonomi Universitas Indonesia" 


KOMPeK merupakan wadah mengasah kemampuan peserta dalam bidang ekonomi serta menjadi sarana penyaluran ide-ide kreatif mereka melalui empat cabang perlombaan yang ada yaitu Business Challenge, Economics Quiz, Economics Debate Competition, dan Economics Research Paper. Tidak hanya itu, KOMPeK juga akan berusaha untuk menjadi sarana bagi siswa- siswi SMA dari Sabang hingga Merauke untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mereka yang berasal dari masing-masing daerah.


Menginjak usianya yang memasuki dekade kedua, KOMPeK 25 kembali hadir dengan mengusung tema “Solidifying Indonesia's Inclusive Development: A Mission to Combat Rising Disparities"


KOMPeK 25 pada tahun ini terdapat 4 cabang lomba yang akan di pertandingan yaitu Economic Quiz (EQ), Economic Research Paper (ERP), Business Competition (BC), and Economic Debate Competition (EDC). Yang berjumlah total 323 Tim. 


Dari 323 Tim, siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo berhasil lolos ke tahap Finalis dan mendapatkan kesempatan untuk langsung mengikuti lomba tersebut di Universitas Indonesia yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 5 sampai 9 Februari 2023 dengan mengikuti cabang lomba Bisiness Challenge dengan Nama TIM CULTRO INDONESIA. 


Dengan dukungan berbagai pihak, Aaron Sava Nasyith Dakara, Reza Nafi Rizqi Musyaffa, dan Micheal Satwika Tim Cultro Indonesia serta guru pendamping Deni Ainur Rokhim S,Pd. dapat membawa pulang Juara Honorable Mention “Most Favourite Product of Business Challenge" (stbud)


Sumber : Jtn Media Network

Pewarta : Sofi.a

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form