BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Terjadi Bentrokan Antara Perguruan Silat Dengan Warga di Madiun

Dilihat 0 kali

 

Foto : Saat terjadinya bentrok perguruah silat dengan warga 


Madiun_Jawatimurnews.com


Terjadi bentrokan antara rombongan Perguruan Silat dangan warga, bentrokan terjadi ketika perguruan silat hendak pulang usai melaksanakan Halal Bihalal, Minggu 21/5/2023.


Saat itu, perguruan silat tersebut melaksanakan acara Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW) di Ponorogo, hendak pulang tiba-tiba perguruan silat itu dihadang oleh sejumlah warga Kota Madiun.  Insiden tersebut terjadi dibeberapa titik, dan menyebabkan kekhawatiran serta ketegangan masyarakat Madiun.


Bentrok ini berawal ketika masyarakat beraktifitas dihari libur merasa terganggu dengan suara bising kendaraan roda dua yang sengaja dibleyer. Bentrokan terjadi setelah salah seorang anggota perguruan silat yang lewat melempar jumroh kearah jalan Dadali, Nambangan Kidul, Kota Madiun. 


Meskipun acara tersebut diduga telah mendapatkan izin dari pihak terkait, namun sikap yang kurang menghormati sejumlah norma sosial dan keamanan masyarakat mengundang reaksi dari sebagian masyarakat Madiun.


Masyarakat setempat yang merasa terganggu dengan kebisingan dan kegaduhan yang terjadi selama konvoi akhirnya melakukan protes dan berusaha menghentikan konvoi tersebut. Situasi semakin memanas ketika beberapa masyarakat menanggapi dengan sikap yang provokatif, yang kemudian memicu terjadinya bentrokan fisik antara kedua belah pihak.


Pihak keamanan yang berada di lokasi bentrokan  berusaha mengendalikan situasi, namun kerumunan yang semakin besar dan ketegangan yang meningkat membuat penanganan menjadi sulit. Polisi yang dikerahkan juga berupaya mengatasi kerusuhan dan mengamankan masyarakat serta peserta acara.


Seorang anggota kepolisian saat diminta keterangannya menyatakan keprihatinannya atas insiden ini. "Kami akan melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab terjadinya bentrokan ini. Kami juga akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini dengan bijaksana,".


Dalam situasi seperti ini, penting bagi semua pihak untuk tetap menjaga kedamaian, dialog yang konstruktif, serta menghindari tindakan provokatif yang dapat memperburuk keadaan. Masyarakat dihimbau untuk menjaga ketenangan dan menyerahkan penyelesaian permasalahan kepada aparat keamanan yang berwenang.


Peristiwa bentrok ini memberikan pelajaran penting bagi semua pihak terkait dalam menyelenggarakan acara, terutama terkait dengan keamanan, koordinasi dengan pihak berwenang, dan menghormati norma-norma sosial setempat. Kejadian ini harus menjadi momentum bagi semua pihak untuk bekerja sama guna mewujudkan kehidupan yang harmonis dan aman di Madiun.




Sumber : Jtn Media Network 

Pewarta : Haris 

Editor : Yazid453

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form