-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Jelang Nataru, Polres Sampang Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2023

Dilihat 0 kali


 Foto:(Jelan Nataru Polres Sampang gelar apel pasukan di Lapangan apel Wira Manunggal Wicaksana).Kamis(21/12/23)


SAMPANG_JAWATIMUR

JAWATIMURNEWS.COM|

Dalam menciptakan Kamtibmas yang aman kondusif di wilayah Kabupaten Sampang Provinsi Jawa Timur menjelang perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 (Nataru), Polres Sampang menggelar apel pasukan Operasi Kepolisian dengan sandi Lilin Semeru 2023 di lapangan apel Wira Manunggal Wicaksana, Kamis (21/12/2023).


Apel gelar pasukan yang di hadiri Forkopimda Kabupaten Sampang diikuti ratusan personil gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Orari, Senkom, Pramuka dipimpin langsung Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH.


Sebelum membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si, AKBP Siswantoro menyematkan pita kepada perwakilan anggota TNI-POLRI dan perwakilan Instansi Pemkab Sampang sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Semeru 2023 di Kabupaten Sampang.


Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam amanatnya yang di bacakan AKBP Siswantoro S.IK, MH mengatakan bahwa apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2023 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.


“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana dan prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi dengan harapan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 (Nataru) berjalan dengan optimal” Kata Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH saat membacakan amanat Kapolri.


Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si juga menjelaskan bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan aman, nyaman dan lancar sebagaimana penekanan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.


Momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat dan berdasarkan survei Kemenhub RI potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencapai 107,63 juta orang atau meningkat sebesar 143,65 dari tahun sebelumnya.


“Perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024 sehingga potensi kerawanan yang lebih tinggi. oleh sebab itu dalam pengamanan Nataru Polri di dukung TNI Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023” terang Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam amanatnya.


Pada Nataru tahun 2023, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan Kamseltibcar lantas dan Kamtibmas yang harus di waspadai.


Selanjutnya untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, Kapolri memerintahkan seluruh jajarannya untuk memastikan setiap lokasi ibadah sudah di sterilkan dan melibatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.


Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam amanatnya mengatakan bahwa ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius.


Kepada seluruh jajaran Polri di wilayah, Kapolri memerintahkan untuk mengedepankan kegiatan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya serta melakukan penjagaan ketat di pusat keramaian dan tempat ibadah agar tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun.


Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si sebelum mengakhiri amanatnya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personil yang terlibat dan berpesan jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.


“Selamat Natal 2023 dan Tahun baru 2024 semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045” akhir sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si.


Seusai gelar apel pasukan, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH yang di wakili Kasi Humas Polres Sampang Ipda Sujianto SH menyampaikan kepada awak media bahwa Operasi Lilin Semeru 2023 di wilayah Kabupaten Sampang akan berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.


Operasi Lilin Semeru 2023 di Kabupaten Sampang melibatkan 223 personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Orari, Senkom, Pramuka yang di tempatkan pada 2 Pos Pengamanan , 1 Pos Pelayanan, 1 Pos Pantau.


Kasi Humas Polres Sampang menjelaskan selesai pelaksanaan apel pasukan, Forkopimda Kabupaten Sampang meninjau kesiapan sarana prasarana yang akan dilibatkan dalam Operasi Lilin Semeru 2023.


Ipda Sujianto berharap dalam perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Sampang bisa berjalan aman, damai dan kondusif.(Zahrudin)


PEWARTA: ZAHRUDIN - EDITOR: KEMAL 

Sumber : JTN Media Network

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form