BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Berbagai Hari Besar 17 Januari

Dilihat 0 kali

 

 JAWATIMURNEWS.COM |Kamis 18/1/2024)

SELAMAT PAGI JTN

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada tanggal 17 Januari. Meski tidak ditampilkan pada kalender, ada beberapa peringatan pada 17 Januari, seperti Hari Kesadaran Nasional dan beberapa peristiwa penting lainnya yang terjadi di Indonesia dan belahan dunia lainnya.

1. Hari Kesadaran Nasional

Hari Kesadaran Nasional diperingati pada tanggal 17 setiap bulannya oleh setiap instansi pemerintah di Indonesia, baik tingkat kementerian/lembaga hingga pada institusi pelayanan dasar.

Peringatan ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi para aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap teguh dalam bertugas dan berperilaku yang baik pada masyarakat.

Dengan bersikap teguh dalam bertugas, setiap personel ASN diharapkan tetap berpedoman pada aturan kerja dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti melakukan tindakan koruptif hingga melalaikan tugas.

Tak hanya itu, para ASN juga diharapkan teguh dalam berperilaku baik di tengah masyarakat. Ini dikarenakan ASN merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa menjalankan peran sosial yang aktif dan tidak melanggar norma sosial yang ada.

2. HUT Baznas

Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) diperingati setiap tanggal 17 Januari. Tahun ini, Baznas memperingati ulang tahun yang ke-23.

Baznas sendiri dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001, yang memiliki wewenang melakukan pengelolaan zakat secara Nasional 

3. Hari Layanan Pelanggan

Hari Layanan Pelanggan atau Customer Service Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Januari. 

Tidak ada merek yang dapat bertahan tanpa pelanggan, dan setiap layanan dan barang diciptakan dengan mempertimbangkan pelanggan.

Hari Layanan Pelanggan diadakan untuk menghormati departemen layanan pelanggan yang mempunyai peran besar dalam memastikan bahwa pelanggan mendapatkan layanan terbaik dan keluhan mereka diperhatikan jika diperlukan. 

Bagi banyak merek, layanan pelanggan atau customer service tersedia sepanjang waktu sehingga pelanggan dapat mencari bantuan kapan pun mereka membutuhkannya. 

4. Perjanjian Renville

Perjanjian Renville ini terjadi antara Republik Indonesia dengan Belanda yang terlibat dalam sengketa kedaulatan Indonesia. Hal itu terjadi pada 8 Desember 1947 hingga 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat yang sedang berlabuh di Jakarta. Kapal itu dinilai sebagai tempat netral USS Renville.

Diketahui sebelumnya, perjanjian Renville ini bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan perjanjian Linggarjati tahun 1946. Perjanjian Linggarjati ini menyepakati wilayah de fato Republik Indonesia Serikat (RIS) dan tidak menyelesaikan konflik yang terjadi Indonesia dan Belanda.

Dikutip dari Tribunwiki, saat perundingan Renville dimulai dan ditengahi oleh Komisi Tiga Negara yakni Amerika Serikat, Belgia, dan Australia.

5. Perang Dunia II

Melansir laman ayovaksindinkesid, pada 17 Januari ada peristiwa yang bersejarah seputar Perang Dunia II. Saat itu sekutu melancarkan serangan pertamanya melalui empat serangan atas monte cassino.

Tujuan dari serangan itu untuk menerobos Winter Line dan merebut Roma. Ada juga korban sebanyak 105.000 tentara sekutu dalam kurun waktu sekitar empat bulan.

6. Hari Kita Tidak Rusak Sedunia

Hari Kita Tidak Rusak Sedunia diperingati pada tanggal 17 Januari. Peringatan ini diadakan untuk menciptakan kesadaran akan fakta bahwa kita adalah manusia, terlepas dari apa yang masyarakat pikirkan tentang individu dengan riwayat trauma fisik dan emosional, penyakit mental, atau kelainan lainnya. 

Kata 'rusak' menunjukkan sesuatu yang tidak berfungsi. Namun trauma dan penyakit tidak seharusnya menentukan apa atau siapa kita. 

Jika kita menyerah pada tanda 'rusak' ini, hal itu dapat dengan mudah menyebabkan depresi, isolasi, dan rasa bersalah yang tidak pada tempatnya. 

Peringatan ini sekaligus bertujuan untuk mengakhiri siklus ini dengan menantang norma-norma masyarakat. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 2019.


Redaksi
Editor     :  Kemal

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form