BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Selamat Pagi Jtn Kamis 22 Februari 2024

Dilihat 0 kali

 


JAWATIMURNEWS.COM |   Kamis  (22/2/2024)
SELAMAT PAGI JTN,-  Tanggal 22 Februari 2024 jatuh pada hari Kamis keempat di bulan Februari tahun ini. 

Sejumlah momen penting diperingati di tanggal tersebut.

Lantas, tanggal 22 Februari memperingati hari apa saja?


Hari Istiqlal

Hari Istiqlal merupakan momen untuk memperingati berdirinya Masjid Istiqlal di Jakarta. Mengutip dari laman resminya, Masjid yang tercatat sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara ini berdiri pada tanggal 22 Februari 1978 silam.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, cita cita besar untuk membangun sebuah masjid yang dapat menjadi sebuah tempat kebanggaan warga Jakarta sekaligus tempat untuk beribadah sudah mengendap di hati warga Indonesia.

KH. Wahid Hasyim, Menteri Agama RI pertama dan beberapa ulama mengusulkan untuk mendirikan Masjid yang mampu menjadi simbol bagi Indonesia. Pada tahun 1953, KH. Wahid Hasyim selaku Menteri Agama RI pertama bersama H. Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto, dan Ir. Sofwan dan dibantu sekitar 200 tokoh Islam pimpinan KH. Taufiqorrahman mengusulkan untuk mendirikan sebuah yayasan.

Pada tanggal 7 Desember 1954 didirikanlah yayasan Masjid Istiqlal yang diketuai oleh H. Tjokroaminoto untuk mewujudkan ide pembangunan masjid nasional tersebut. H. Tjokroaminoto menyampaikan rencana pembangunan masjid pada Soekarno dan ternyata mendapatkan sambutan hangat dan akan mendapat bantuan sepenuhnya dari Presiden Soekarno sejak tahun 1954.

Proyek pembangunannya sempat tersendat karena situasi politik yang kurang kondusif. Setelah situasi politik mereda, pada tahun 1966, Menteri Agama KH. Muhammad Dahlan mempelopori kembali pembangunan masjid ini. Kepengurusan dipegang oleh KH. Idham Chalid yang bertindak sebagai Koordinator Panitia Nasional Pembangunan Masjid Istiqlal.

Masjid ini kemudian selesai dibangun dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pada tanggal 22 Februari 1978 dengan ditandai oleh prasasti yang dipasang di area tangga pintu As-Salam. Biaya pembangunan diperoleh terutama dari APBN sebesar Rp. 7.000.000.000,- (tujuh miliar rupiah) dan US$. 12.000.000.

Tanggal diresmikannya Masjid Istiqlal itulah yang kemudian diperingati sebagai hari milad dan dirayakan dengan berbagai kegiatan setiap tahunnya, mulai dari bersih-bersih masjid, pameran kebudayaan dan dokumentasi sejarah masjid, serta banyak kegiatan lainnya.  (Red)


Redaksi
Editor        :  Wms | Kemal



Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form