-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Bupati Ikfina Buka Seminar Pelatihan Eco Enzyme, Tekan Sampah Perpanjang Umur Pakai TPA

Dilihat 0 kali



MOJOKERTO - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Teguh Gunarko Sekdakab, Didik Chusnul Yakin Kepala DLH, Iwan Abdillah Asisten Administrasi Umum, Ludfi Ariyono Kadinsos, serta

HM. Surya Yusuf atau Suhu Batara selaku narasumber, membuka seminar dan pelatihan eco enzyme dan turunannya, Sabtu (30/10) siang di RM Arimbi Mojosari. 

Seminar bertajuk "Hidup Sehat di Bumi yang Sehat" yang diselenggarakan oleh Yayasan Budaya Hijau Indonesia, memamerkan beberapa turunan eco enzyme di antaranya soft eco enzyme, classic enzyme, cuka apel organik, cuka salak organik, alkalin berbahan herbal, cuci jelantah, dan beberapa jenis lainnya. 

Eco enzyme telah menjadi tren dalam pemanfaatan sampah organik. Ini karena bahan baku eco enzyme yang berasal dari bahan organik sisa dapur, terbukti sangat ramah lingkungan. Misalnya dipakai untuk cairan pembersih, pestisida alami, pemurni udara bahkan memulihkan danau yang kotor. Selain itu, produksi eco enzyme secara otomatis dapat menekan kuantitas produksi sampah,  sehingga berpengaruh terhadap umur pakai TPA.  

Eco enzyme ini sendiri, telah dikenal dan digunakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto untuk menangani pengelolaan sampah. Saat ini di TPA Belahan Tengah Mojosari, telah dibuat eco enzyme batch 3 sebanyak 500 liter. Cairan ini disemprotkan tiap pagi dan sore, untuk membantu mengurangi bau sampah TPA.  

"Salah satu visi misi kami di Pemerintah Kabupaten Mojokerto adalah komitmen dalam menjaga lingkungan hidup, terutama berkaitan dengan pengelolaan sampah. Nah, eco enzyme ini menggunakan sampah organik rumah tangga. Jadi bayangkan saja, jika separuh atau bahkan lebih dari produksi sampah kita dimanfaatkan untuk membuat eco enzyme. Manfaatnya tentu sangat besar," kata bupati dalam seminar.

Bupati tidak lupa meengingatkan pentingnya prinsip 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) sebagai bagian dari usaha mengendalikan produksi sampah. Tentunya harus diimbangi dengan komitmen mengurangi dan memilih sampah. 

"Mari ubah perilaku hidup agar sekecil mungkin menghasilkan sampah. Misalnya dengan membiasakan minum dari botol tumblr pribadi alih-alih membeli minum kemasan plastik sekali pakai, bawa keranjang belanja sendiri dan pakai produk isi ulang atau refill. Jika masih ada sampah, harus dipilih dan dipilah. Pisahkan mana organik, kertas, plastik, sampah B3 dan sampah residu," tambah bupati.(Bams)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form