-->

Tempe Kedelai Buatan Ibu Lana Sudah Dikonsumsi Orang Hongkong

- October 07, 2021

                                                   


PURWOKERTO  - Ibu  lana, Siapakah ibu Lana ? Dari hasil perbincang kami dengan karyawannya, ternyata beliau adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang giat bekerja untuk membatu menambah penghasilan keluarganya.   

Ibu Lana melakukan usaha pembuatan tempe kedelai semenjak putra putrinya mulai tumbuh dewasa yang sudah barang tentu amat membutuhkan biaya sekolah mereka dan ditambah kebutuhan harian mereka. Sedang suaminya pekerja bangunan yang penghasilan pas-pasan.              

Cerita ibu Lana kepada kami, berawal  jualan tempe ke pasar, tempe kedelai Special dikemas dengan daun pisang khusus sehingga citarasanya pun berbeda dengan yang lain. 

Tempe kedelai produksinya sudah sampai di Hongkong, Malaysia,Singapura, selain wilayah di Indonesia. Produksinya dibantu oleh karyawannya 3 orang maka dengan modal seadanya ibu Lana mengawali usaha pembuatan Tempe kedelai kurang lebih sekitar thn 1999 di Rumahnya tepatnya di Rt 04 Rw. 02 Desa Karangnanas Kec. Sokaraja Banyumas -Jateng.

Jenis kedelainya yang berkualitas tinggi,disortir supaya tempe tidak ada batu kerikil dll. Proses penggodokan yg waktunya cukup lama, peragian yg cukup agar dapat tumbuh jamur tempe dengan sempurna,dijaga kebersihan lingkungan, dikemas dengan daun pilihan yang bersih bukan dengan plastik sehingga menghasilkan rasa khas tempe buatan ibu Lana.  

Kami sekeluarga sering membeli tempe buatan Ibu Lana hingga ketagihan, apa lagi gurih kalau digoreng  tempenya renyah dan empuk terutama tempe mendonya.  Selain dibuat mendoan khas Banyumas juga bisa di goreng biasa, di buat kering Tempe, di buat botok Tempe, bestik tempe, disayur dll. tergantung pengolahnya. 

Tempe kedelai  dari sisi kandungan dan manfaatnya yaitu protein nabati yang sangat berguna di dalam tubuh kita sebagai zat pembangun juga sumber energi, memiliki zat gizi yang tinggi dan amat di perlukan.                           Kemarin tepatnya pada tgl. 02 Okt. 2021 kami mendatangi rumah Ibu Lana dan mewawancarainya                             

Ibu Lana pasarkan sediri ke pasar ikut mengantar hasil produksi tempenya ke para pedagang yang langganan, selain ada pembeli yang datang langsung kerumahnya. Semakin hari,bulan dan tahun barang dagangan Tempe buatan ibu Lana semakin terkenal karena selain bersih, kemasan rapi khas dengan daun pisang klutuk/biji juga rasanya yang empuk,gurih dan nyamleng(enak, gurih,sedap) sehinga banyak pelangganya dan menghasilkan penghasilan yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan rumahtangga Ibu Lana.      

Berawal dari TKI/TKW yang pulang kedaerahnya di Karangnanas, tempe kedelai buatan Ibu Lana dibawa sebagai oleh-oleh hingga ke manca negara seperti; Arab Saudi, Korea, Hongkong selain berbagai kota di Indonesia seperti Bandung,Jakarta,Bogor, Surabaya, Semarang, bahkan Papua.      

Tempe kedelai ini termasuk hasil komoditi dalam negeri yang merupakan  kebutuhan sehari-hari  dan memiliki khasiat kandungan gizi yang di perlukan  tubuh jadi memiliki peluang tuk di export ke LN. Jangan sampai diproduk  tempe khas Banyumas ini di akui oleh bangsa/negara lain. Karena Orang Amerika sudah belajar produksi ke daerah Home Industri Tempe Kedelai  di Desa Pliken-Sokaraja Kab.  Banyumas - Jateng itu harapan dari para pengrajin tempe kedelai di wilayah  Banyumas Jadi tempe buatan ibu Lana sudah naik pesawat loh .

 Bila anda tertarik dan ingin pesan bisa hub. 081359838562 atau ke Ibu Lana hp.+62 857-1324-5806.  (Syarif AR)

 

Start typing and press Enter to search