BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Kondisi Terkini Banjir Yang Melanda Seputaran Kec. Grati Kab. Pasuruan

Dilihat 0 kali

 


PASURUAN_JAWA TIMUR

JAWATIMURNEWS.COM - Akibat intensitas hujan tinggi dan kondisi air laut pasang, menyebabkan aktifitas arus besar terjadi di Sungai Rejoso, hingga meluber kejalan dan menggenangi sekitar wilayah Desa Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan, Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. 

Diketahui kejadian tersebut berawal dari intensitas hujan tinggi yang terjadi pada Hari Senin 17 Januari 2022, dari pagi hingga malam hari diperkirakan reda pada pukul 18.30 WIB, kemudian air mengalir ke Sungai Rejoso, sampai tidak lagi dapat menampung debit air dan meluap hingga kepemukiman.

Tak hanya itu luapan air Sungai Rejoso, sempat mengakibatkan arus lalulintas di jalan pantura yang menghubungkan Pasuruan - Probolinggo tersebut macet total karena ketinggian air diperkirakan mencaapai 30cm sampai dengan 40cm disepanjang pertokohan dan jalur pantura atau jalan Ngopak.


Adapun beberapa lokasi terdampak genangan air banjir luapan Sungai Rejoso, terpantau hingga Pukul 12.00 WIB, Hari Selasa 18bJanuari 2022 antara lain, Dusun Kebruan, ketinggian air mencapai 25cm, dengan jumlah KK terdampak 106 KK, kerugian Personil NIHIL, meninggal NIHIL, luka NIHIL, materiil NIHIL.

Dusun Adirogo, Rt.02 Rw.06, ketinggian air 35cm, terdampak 78 KK, kerugian: materiil dan personel NIHIL. Dusun Kajar Kuning dan Dusun Pasat Baru, Desa Kedawung Wetan, genangan air mencapai 30cm sd 40cm 76 KK dan 72 KK terdampak, kerugian: Personel, Materiil, Luka, Meninggal - NIHIL.

Petugas hadir dan terlibat dalam penanganan dampak bencana banjir yang terjadi antara lain, anggota Koramil 0819/05 Grati, Polsek Grati, Perangkat Desa, BPBD Kabupaten Pasuruan, Relawan dan juga PKM Kedawung serta Dinkes Kabupaten Pasuruan.

Upaya yang dilakukan meliputi, pemantauan perkembangan debit air, membantu koordinasi dengan BPBD, Polsek, Tagana, Relawan, dan Apem terkait, membantu proses evakuasi warga ke lokasi yang aman khususnya para Lansia dan anak-anak,membantu distribusi makanan siap saji dari instansi yg tidak mengikat.

Sementara upaya penanggulangan lain yang dilakukan menyiapkan lokasi pengungsian bertempat di area Masjid sekitar dan Aula PG Kedawung, namun masyarakat masih standbay dan aktivitas dirumah masing - masing karena sudah terbiasa dengan kondisi banjir yang terjadi setiap tahun.


Hingga berita ini ditayangkan, tampak genangan air masih melanda setiap wilayah tersebut, dan warga masyarakat terdampak melakukan pembersihan dengan kerja bhakti bersama baik di pemukiman maupun fasum yang sudah mulai surut.

Atas musibah yang terjadi dihimbau masyarakat terdampak agar tetap waspada karena iklim sangat ekstrim, maka pihak BPBD menyiapkan alat perahu Karet dan  pihak PKM Kedawung serta Dinkes Kabupaten Pasuruan, membuka fasilitas Kesehatan di lokasi berdampak.


Sumber : Jtn Media Netwok 

(TERDIM-19/Sofi Adiguna Pratama)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form