-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari



Loading

Mitos : Cantik Alami Dengan Sumber Mata Air Goa Jati Jajar Kebumen

- Wednesday, January 19, 2022
Dilihat 0 x




ANGGARDAYA SETAPAK

(Angkringan Cagar Budaya - Sejarah Kota Pariwisata & Kuliner

JAWATIMURNEWS.COM -  Salah satu Objek wisata Goa Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah, diyakini memiliki sumber mata air (sendang) yang konon berkhasiat, salah satunya membuat orang awet muda menurut penduduk sekitar Goa, Selasa 18/01/'22. 

Sendang yang dimaksud adalah Sendang Kantil, konon menjadi tempat Raden Kamandaka alias Lutung Kasarung dan istrinya, Dewi Cipta, melakukan tapabrata.

Berdasarkan mitos yang berkembang, orang yang menggunakan air dari sendang tersebut bakal awet muda dan memiliki kulit yang cerah. Dengan mitos dari berbagai versi membuat banyak orang penasaran. Sampai akhirnya banyak orang untuk mencoba mencuci muka atau bahkan mengambil air dari Sendang Kantil lalu dibawa pulang sebagai campuran air mandi.

Mitos ini berangkat dari legenda Dewi Cipta yaitu istri Lutung Kasarung yang berparas cantik. Hal itu diyakini karena dia sering mandi dengan air musatajab dari Goa Jatijajar itu.

Selain itu, Sendang Kantil juga dipercaya mampu membersihkan aura negatif. Walau belum ada pembuktian nyata terkait kisah misteri tersebut.

Sebagai informasi, Goa Jatijajar adalah sebuah situs geologi yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa yang terbentuk melalui proses alamiah dari kapur dengan panjang 250 meter, lebar rata-rata mencapai 15 meter serta tinggi 12 meter. Lokasi goa ini berada di ketinggian 50 meter di atas permukaan air laut (mdpl).


Sumber : Jtn Media Netwok 

(Syarif AR Jtn).

# dari berbagai sumber 

 

Start typing and press Enter to search

a