-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari

Loading

Tingkatkan Mutu Pendidikan, 152 Guru Paud SD Kabupaten Tolitoli Ikuti Bimtek

- Tuesday, January 11, 2022
Dilihat 0 x

 


TOLITOLI

JAWATIMURNEWS.COM - Dalam rangka program kerja tahun 2022 Forum Komunikasi PAUD-SD Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Bimbingan Teknis penyusunan perangkat pembelajaran pendidikan anak usia dini dan sekolah dasar bagi guru PAUD dan Sekolah Dasar Kabupaten Tolitoli dalam rangka peningkatan mutu guru pada program Forum Komunikasi PAUD-SD Tahun 2022. Senin 10/1 di Aula Kantor PGRI Kabupaten Tolitoli.

Sukardi, S.Pd.,M.Pd melaporkan Bimbingan Teknis ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan informasi dan edukasi terkait kesiapan anak dalam masa transisi PAUD ke SD, Forum Komunikasi merupakan sarana silaturahmi antara guru PAUD dan SD khusus kelas rendah dan melatih kompetensi guru PAUD dan SD dalam penyusunan perangkat pembelajaran. 

Kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi forum pertemuan guru PAUD dan SD untuk saling bertukar informasi terkait kesiapan bersekolah pada masa transisi PAUD ke SD sehingga antara satuan pendidikan di PAUD dan SD saling bersinergi dan menguatkan Sehingga peserta didik yang masuk benar-benar siap bersekolah baik secara psikologis peserta didik, maupun keluarga serta para guru PAUD dan SD memiliki kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Peserta kegiatan Bimtek ini terdiri dari pendidik PAUD sebanyak 68 orang dan pendidik Sekolah Dasar sebanyak 84 orang. peserta Bimbingan Teknis berasal dari wilayah Sekolah Dasar Kecamatan Baolan PAUD, TK Kecamatan Baolan, PAUD TK Kecamatan Galang, PAUD TK Kecamatan Lampasio. 

Mewakili Bupati Tolitoli, Asisten Administrasi Umum sekretariat Daerah Kabupaten Tolitoli Usman Taba. SE.,MM mengatakan usia dini merupakan usia emas bagi seseorang anak artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya maka ia akan memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya. dalam proses pendidikan paud anak-anak akan dididik dan dibantu untuk mengeluarkan serta mengembangkan potensi dan kreatifitas sejak dini. melalui program bermain sambil belajar diyakini tidak akan membuat anak-anak jenuh maupun bosan. PAUD siap membantu para orang tua untuk pmenyelamatkan usia emas putra putrinya. 

perencanaan pembelajaran pada program PAUD telah disusun dengan matang untuk memberikan arah yang tepat dalam proses pembelajaran dengan mempertimbangkan keseimbangan antara pendidikan umum dan pendidikan keagamaan.  kurikulum yang diterapkan dalam lingkungan PAUD pada umumnya sudah disusun dan disesuaikan dengan kondisi murid dan bertujuan untuk mendukung perkembangan peserta didik secara optimal. 

Selanjutnya Bupati mengatakan keberadaan PAUD di tiap-tiap desa sangatlah penting untuk memastikan agar seluruh anak di Kabupaten kita ini mendapat layanan pendidikan yang layak pada saat usia emas mereka. disamping itu peran pengurus dan pendidik juga tidak bisa dikesampingkan, kemampuan pendidik dalam menyesuaikan diri dengan anak-anak juga sangat diperlukan  sehingga anak benar-benar merasa aman dan nyaman ketika mereka berada diluar pengawasan orang tua. 

kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan ini mempunyai tujuan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi,  rangsangan pendidikan,  pembinaan moral-emosional dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai kelompok umur. Anak terlindungi dari segala bentuk kekerasan,  penelantaran  perlakuan yang salah dan eksploitasi dimanapun anak berada dan terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan berkesinambungan. Semoga seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Tolitoli dapat melaksanakan pelayanan dengan baik sehingga keberadaan lembaga PAUD di daerah ini benar-benar dapat memberikan layanan pendidikan secara maksimal untuk tumbuh kembang anak-anak sejak usia dini.

Hadir dalam acara Bimtek tersebut Sekretaris Dinas Pendidikan, Para Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli, Bunda PAUD Kabupaten Tolitoli, Ketua Forum Komunikasi PAUD SD se Kabupaten Tolitoli, Ketua PGRI Kabupaten Tolitoli, Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Tolitoli, Ketua Sekolah Guru Indonesia Kabupaten Tolitoli, Dompet Dhuafa Kabupaten Tolitoli, para pengawas dan penilik pendidikan, para kepala sekolah dan seluruh peserta bimtek.


Sumber : Jtn Media Network 

Reporter : Amalia Syahrullah

Foto     : Faisal

Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli


(Arham/Winarno)

 

Start typing and press Enter to search

a