-->
Loading...
Info/Berita Jtn Hari Ini |
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari

Hari Pertama Musrenbang RKPD Tahun 2023 di Buka Oleh Wakil Bupati Sampang

- Wednesday, February 02, 2022
Dilihat 0 x

 



SAMPANG

JAWATIMURNEWS.COM  - Hari pertama Wakil Bupati Sampang H.Abdullah Hidayat membuka pelaksanaan  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023 di Kecamatan Jrengik ,Rabu (2/2/2022).

Acara ini bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Jrengik,dengan mengangkat tema " Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Pemantapan Pemulihan Ekonomi serta Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia  menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Sebelum acara di mulai,Wakil Bupati Sampang memberikan santunan 10 anak yatim di Pendopo Kecamatan.

Hadir dalam acara ini,anggota DPRD Sampang dapil 2 Ubaidillah, Asisten Bidang Pemerintahan dan kesra Harunur Rasyid, Asisten Bidang Administrasi Umum ADB Hannan,Para Pimpinan OPD,Camat Jrengik Dr.Zaiful Muquddas S.T.M,Si,Ketua TP PKK Kecamatan Jrengik,Para Kades dan delegasi desa kecamatan Jrengik,tokoh masyarakat,LSM dan rekan jurnalis.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sampang H.Abdullah Hidayat menyampaikan, musrebang pada hari ini merupakan agenda tahunan dalam rangka penyusunan RKPD kabupaten Sampang tahun 2023,sekaligus forum pembahasan hasil daftar usulan desa di lingkup kecamatan,baik di bidang infrastruktur,sosial budaya,maupun ekonomi.

" Selain itu, musrebang ini diharapkan menjadi forum untuk mempertajam penyelarasan, mengklarifikasi dan mencapai konsensus terkait usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah tingkat Kecamatan,jelasnya.

Dia menambahkan empat dari prioritas utama adalah, pemantapan pemulihan ekonomi melalui penguatan sektor unggulan infrastruktur yang berkelanjutan.Selain itu, meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan serta sarana dan prasarana dasar.Peningkatkan kualitas pelayanan publik melalui Informasi birokrasi dan inovasi daerah dan juga menjaga harmonisasi kehidupan masyarakat,tuturnya.

Di tempat yang sama Camat Jrengik Dr.Zaiful Muquddas,S.T.M.Si menjelaskan, potensi yang ada di wilayah kecamatan Jrengik seperti tanaman padi yang bagus di desa Majangan, Margantoko,Asem Nunggal.Selain itu, terdapat sungai yang berguna untuk pertanian.Sementara untuk produksifitas tanaman di desa Plakaran, Mlakah, Bencelok dan Asemrajah punya potensi swasembada beras seperti yang terjadi 10 tahun yang lalu.

" Nah,masalahnya dengan potensi itu sistem pertanian tadah hujan dan diperlukan prasarana (fasilitas),seperti pompa air untuk menarik air bersih dari sungai ke lahan area pertanian sebagai sistem irigasi.Selain itu,meluapnya air sungai ketika intensitas curah hujan cukup tinggi yang mengakibatkan banjir ke lahan persawahan dan pemukiman warga ,seperti di wilayah desa Panyepen, Majangan, Margantoko dan Asem Nunggal,ucapnya.

Dia menambahkan , untuk produk unggulannya di wilayah kecamatan Jrengik ,seperti desa Asemrajah dan Desa Asem Nunggal penghasil ikan bandeng,udang windu dan kepiting.Sedangkan di desa Plakaran penghasil kripik dan desa Korah produksi batik, tambahnya. 


Sumber : Jtn Media Network 

(Zahrudin)



 

Start typing and press Enter to search