JTN |

Diduga KSM Pelaksana Pembangunan IPAL Komuniti Hanya Sebatas Nama

 

Diduga KSM Pelaksana Pembangunan IPAL Komuniti Hanya Sebatas Nama

PASURUAN-JAWA TIMUR

JAWATIMURNEWS.COM | Pembangunan Proyek Intalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komuniti yang di mulai dari bulan Agustus 2022 di Desa Ngadimulyo Kecamatan Sukorejo, diduga tidak sesuai dengan target penyelesaian pekerjaan seperti yang direncanakan, dan pekerjaan itupun berlanjut hingga awal tahun 2023, kini Masi dalam tahap pengerjaan Selasa ( 11/01/2023) siang.


Selain dugaan keluar dari target progres pekerjaan yang didesain pemerintah untuk pola hidup sehat, ini menuai pertanyaan dari beberapa warga setempat.


Adapun proyek IPAL yang menelan anggaran APBN sebesar Rp.400.000.000, (Empat ratus juta) bersumber dari dana ( DAK) 2022, jangka waktu 120 hari pogram dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasuruan yang dikerjakan secara Swakelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Ngadimulyo diduga bermasalah.


Dalam hal ini awak media mencoba mendatangi kantor Kepala Desa Ngadimulyo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, untuk menanyakan beberapa hal pada proses pembangunan IPAL tersebut, Rabu 11/1/2023. 


Dalam pertemuan itu, Kepala Desa didampingi oleh pihak APH setempat Kepala Desa Ngadimulyo Nurhadi menyatakan bahwasanya dirinya tidak tahu persis tentang pembangunan tersebut, namun saat awak media mencoba untuk menemui KSM pelaksana pekerjaan IPAL ini, Kepala desa Ngadimulyo serta merta mencegah agar awak media jangan sampai melakukan klarifikasi kepada KSM, awak media dicegah untuk bertemu dengan KSM pelaksana dengan dalih bahwa KSM nya tidak bisa ngomong dan dirinya mengatakan bahwa dirinya yang mem back-up KSM, dalam hal ini Kepala Desa diduga seolah - olah menghalang-halangi awak media untuk mendapatkan informasi detail terkait proses pelaksanaan Pembangunan IPAL Komuniti yang dikerjakan di Desa Ngadimulyo.



Dengan tanggapan seperti itu maka menjadi pertanyaan besar bagi awak media jika pertanyaan dasar terkait proses saja sudah dipersulit oleh Kepala Desa apalagi keterangan - keterangan lain seperti halnya pemanfaatan dana oleh KSM, disatu sisi bahkan Kepala Desa bersangkutan lupa kapan pekerjaan itu dimulai, seolah terkesan ada yang disembunyikan. 

"Tidak perlu nemui Ketua KSM nya cukup lewat saya biar informasi yang kalian dapat tidak sepotong-potong, takut nanti malah salah semua jadi cukup lewat saya karena, saya yang memback-up urusan ini." Kata Nurhadi


Mendengar ungkapan back-up maka awak media pun mencoba menyelami lebih lanjut kata back up disini dalam hal apa, dalam hal fisik atau administrasi, hal ini kontadiktif karena pengakuan Kades Nurhadi bahwa dia tidak tahu kapan dimulainya pekerjaan IPAL tersebut tapi dicegah ketika awak media mencoba bertemu untuk mengklarifikasi KSM. 

Padahal pertanggungjawaban mutlak pekerjaan tersebut terletak pada KSM, dalam hal ini diduga Kades terlampau ikut campur dalam fungsi dan tugas serta tanggung jawab KSM.

Terlebih Oknum Kades tersebut tiba-tiba bertanya kepada awak Media 

"Sebenarnya kalian ini mencari apa?". Tanya Nurhadi Kades 


Dalam pertemuan itu awak media juga menanyakan tentang aset kepemilikan tanah yang menjadi obyek fisik bangunan ipal yang berada di bibir sungai apakah juga dilengkapi Berita Acara penyerahan lahan atau pemanfaatan lahan tersebut dari Dinas Pengairan Kabupaten Pasuruan atau belum.

Oknum Kepala Desa Ngadimulyo sendiri membenarkan dengan adanya hal itu. " Menurut saya itu sudah benar dan tidak apa-apa. Sebab, menurut saya itu proyek dari Dinas Pengairan, maka tidak masalah jika kita dirikan diatas lahan aset miliknya". Jelas Nurhadi

Lanjut Nurhadi, saya juga sudah koordinasi dengan pihak dinas dan mereka bilang tidak apa-apa, toh ini juga proyek dari dinas terkait (Pengairan Kabupaten Pasuruan)


Namun seperti diketahui bahwa meskipun masih dalam lingkup Dinas yang sama maka mekanisme adminitrasi seperti halnya perubahan fungsi, pengalihan aset, atau apapun terkait pemanfaatan lahan milik Negara tetaplah harus ada dan terlampir.

.Sumber-Jtn Media Network

( Yazid/ Tim)

Share:

 

 JAWA TIMUR UPDATE
JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

 

 ARTIKEL
JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

Artikel dapat dipahami sebagai suatu rangkaian atau karangan yang dibuat berdasarkan fakta dan opini untuk dipublikasikan di media, baik itu media cetak, media online, bahkan juga sekarang banyak artikel yang diunggah di media sosial. Penulisan artikel sendiri sebenarnya mengandung tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. Gagasan dalam artikel pada akhirnya dapat dapat mendidik, meyayinkan, dan juga menjadi saran hiburan bagi pembaca
                 
Bagi semua pembaca JAWATIMURNEWS.COM dapat mengirimkan artikelnya untuk di Up di PORTAL WEB MEDIA ONLINE JAWATIMURNEWS.COM dengan cara mengirimkan naskah artikelnya dengan menghubungi kami melalui chat dibawah ini
                
                 
Semua artikel yang telah diterima redaksi akan di seleksi terlebih dahulu di bagian pemberitaan dan menjadi kewenangan penuh DIrektur Pemberitaan Jtn
                

 

 MITRA BRANDING
JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

 
Sumber : Jtn Media Network 
 (Apin/Ferry/Zidan Pahlevi)

Perusahaan atau per orangan yang ingin membuat produknya seperti video di atas, Menjalin Kemitraan-Branding-Pasang Iklan-Pengumuman-Flyer-Langganan Pemberitaan di PORTAL WEB MEDIA ONLINE JAWATIMURNEWS.COM, dapat menghubungi Director of HR & Business Support Management melalui chat dibawah ini

        

ANGGARDAYA

JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

DESKOBIS

JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

WISLAMIHER

JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

LINTAS NUSANTARA

JAWATIMURNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL
JAWATIMUNEWS.COM | 
BERITA SEPUTAR JAWA TIMUR -TAJAM-AKURAT-TERPERCAYA-PROFESIONAL

BERITA

Anggota Polres Sampang Bersama Masyarakat Tangkap Tahanan Kabur dari Rutan Kelas IIB Sampang

Anggota Polres Sampang Bersama Masyarakat Tangkap Tahanan Kabur dari Rutan Kelas IIB Sampang SAMPANG - JAWA TIMUR JAWATIMURNEWS.COM   Kapolr...