BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Beberapa Keutamaan didalam Bulan Suci Ramadhan dan Keutamaan Berpuasa

Dilihat 0 kali

 

Foto : Sumber ilustrasi keutamaam bulan suci Ramadhan


Pasuruan,_Jawatmurnews.com


Bulan suci Ramadhan tiba, tentu  umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh agar bisa meraih ketakwaan yang berlimpah dan agar bisa menambah keimanan seorang muslim itu sendiri.


Di dalam ajaran islam disebutkan ada beberapa keutamaan puasa Ramadhan yang harus diketahui oleh semua umat muslim. Dengan begitu, mereka bisa lebih semangat untuk menjalankannya.

Pada dasarnya, puasa Ramadhan memiliki kedudukan yang sangat agung dan menjadi salah satu jenis ibadah tertua dalam sejarah umat manusia.


Dengan banyaknya keutamaan-keutamaan yang ada di dalam puasa Ramadhan ini, membuat banyak orang khususnya umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda didalam bulan suci yang penuh rahmat ini.


Dalam ajaran islam disebutkan, hukum puasa Ramadhan itu sendiri adalah wajib fardhu’ain bagi semua umat muslim yang telah memenuhi persyaratannya.


Sementara untuk beberapa syarat puasa bagi umat beragama islam adalah beriman, berakal, sehat, mampu, dan tidak sedang dalam kondisi haid maupun masa nifas bagi umat muslim wanita.



Sebagian Keutamaan Puasa Ramadhan disebutkan dalam ajaran islam seperti untuk Meraih Ketakwaan

Bahasa Arab dari kata puasa adalah Ash-Shoum dan memiliki arti menahan. Dalam hal ini, puasa akan mengharuskan seluruh umat muslim untuk menahan hawa nafsunya yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.


Jadi, mereka dilarang untuk melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.


Tidak sedikit dari beberapa umat muslim yang bertanya-tanya tentang apa saja keutamaan puasa Ramadhan yang dapat melipatgandakan pahalanya.


Untuk itu, di sini kami akan membagikan informasi mengenai keutamaan puasa di bulan Ramadhan secara lengkap, yaitu:


-Doanya MustajabKeutamaan paling utama dari puasa di bulan Ramadhan adalah doa yang selalu dipanjatkan oleh para umat muslim dapat lebih mustajab.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat waktu paling mustajab untuk berdoa dalam agama Islam adalah ketika seseorang sedang menjalankan ibadah puasa.

Sejak terbit fajar hingga matahari terbenam kita diwajibkan untuk menahan makan, minum, emosi, dan berhubungan badan.

Maka dari itu, ketika berpuasa kita dianjurkan untuk memperbanyak doa demi kebaikan diri sendiri. Nantinya, doa selama berpuasa ini bisa menjadi doa yang sangat mustajab.


- Melindungi Diri dari Setan

Selain menjadikan doa lebih mustajab, salah satu keutamaan puasa Ramadhan adalah sebagai pelindung dari setan.

Setan akan selalu berusaha untuk menggoda manusia, agar mereka melakukan hal-hal yang dilarang dalam agama Islam.

Namun, ketika bulan Ramadhan tiba pintu-pintu surga akan dibuka secara lebar dan pintu-pintu neraka akan ditutup dengan serapat mungkin. Dengan begitu, hal ini akan membuat setan-setan terkurung di dalam api neraka tersebut.


Beberapa hal diatas adalah sebagian dari keutamaan puasa Ramadhan. Dengan keutamaan-keutamaan ini dapat membuat seseorang (muslim) lebih merasa semangat untuk menjalankan kewajibannya tersebut.


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat, sehingga isi keseharian selama bulan Ramadhan dengan hal-hal yang penuh kebaikan.


(Red.@)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form