BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Siwalanpanji Sidoarjo Sebagai Desa Pendidikan

Dilihat 0 kali

Sidoarjo, Jawatimurnews.com

Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran Sidoarjo mempunyai kurang lebih 11 Lembaga Pendidikan tingkat PAUD/KB, TK sampai dengan Perguruan Tinggi.  Melihat kondisi tersebut Bupati Sidoarjo langsung menjadikan Desa Siwalanpanji menjadikannya Desa Pendidikan di Sidoarjo, bahkan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, S.IP saat menghadiri Khotmil Quran & Tahlil Akbar bersama 1000 Masyarakat & Santri, dalam rangka Haul Akbar Ulama & Sesepuh Desa Siwalanpanji, pada Kamis tanggal (9/3/2023) sore.

Sesepuh ulama  Desa Siwalanpanji diantara yaitu KH. Hamdani pendiri Pondok Pesantren Al Hamdaniyah Siwalanpanji. Salah satu pondok tertua di Sidoarjo yang tercatat berdiri tahun 1787 Masehi. Selain KH. Hamdani, dikomplek makam tersebut terdapat makam KH. Yakub, KH. Abdurrahim, KH. Muhammad Khozin Khoirudin pendiri Pondok Pesantren Al-Khozini, KH. Hasyim Abdurrahim serta ulama lainnya yang masih dzurriyah KH. Hamdani.


Bupati Alumnus SMAN 4 Sidoarjo juga membeberkan, sekian tahun lalu Sidoarjo mendapatkan berkah dengan berdirinya Pondok Pesantren Siwalanpanji dan Pondok Pesantre Sono Buduran. Keberkahan itu dapat dirasakan sampai sekarang. Bahkan berdirinya dua pondok tertua tersebut menasbihkan kabupaten Sidoarjo menjadi pusat peradaban Islam di Indonesia. Keberkahan itu, terlihat jelas sampai sekarang yang berada di Desa Siwalanpanji. Puluhan sekolah tersebut tidak pernah sepi kekurangan murid. Bahkan sebelas sekolah negeri dan swasta itu guyub rukun memajukan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo. “Sekali lagi hal ini itu menurutnya tidak lepas dari keberkahan para kyai pendiri  pondok-pondok pesantren di Desa Siwalanpanji” ujarnya.



“Berdirinya puluhan sekolah di Siwalanpanji ini bukan semata-mata karena letak Desa Siwanpanji, tetapi saya yakin kalau di tracing (telusuri) pasti ada unsur keberhakan, barokanya para kyai pendiri pondok pesantren di Siwalanpanji ini” sambung alumni FISIP UNAIR.

Perjungan dakwah islam ini sangat penting dilakukan oleh dua pesantren terdahulu.


Gus Muhdlor menegaskan, “Momentum kali ini menjadikan pengingat kita, juga rasa syukur bahwa apa yang kita dapat hari ini, keberkahan di Desa tidak ujug-ujug (tiba-tiba datang), tetapi karena perjuangan dan doa yang panjang dari para masyayikh-masyayikh kita”.



Sumber : Jtn Media Network

Pewarta : Pram/stbud

Editor : Yazid


Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form