-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Bajak Lahan Sawah, Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Turun Dampingi Petani

Dilihat 0 kali

     



JAWATIMURNEWS.COM |Selasa (16/1/2024)

MOJOKERTO_JAWA TIMUR, - Babinsa Cendoro Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815/Mojokerto Serka Priyanto melakukan pendampingan pengolahan lahan pertanian (sawah) warga Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Lahan pertanian seluas 0,5 hektar milik M. Rozikin ini merupakan area yang dikelola Kelompok Tani (Poktan) Sekar Arum, Desa Cendoro, Dawarblandong.

Serka Priyanto menjelaskan, pendampingan pengolahan lahan pertanian yang dilakukannya merupakan bagian dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah guna tercapainya ketahanan pangan nasional.

Ia melanjutkan, pengolahan lahan yang dikerjakan bersama pemilik lahan (Rozikin) diawali dengan membajak sawah menggunakan alat mesin pertanian(Alsintan) berupa handtraktor (traktor tangan). 

“Nantinya sistem tanam yang dipakai menggunakan sistem jarwo menggunakan Ricetransplanter, perkiraan jika tidak ada kendala usia panen berkisar 115 hari ke depan”, sambungnya.



Dalam kesempatan itu, Serka Priyanto menyebutkan beberapa kendala yang dialami warga binaannya dalam pengolahan lahan diantaranya, terbatasnya ketersediaan pupuk subsidi, dan sistem pengairan yang masih menggunakan tadah hujan. “Sementara solusi yang bisa dilakukan para petani di wilayah kami yakni menggunakan sumur bor, alhamdulillah meskipun musim kemarau masih bisa dilakukan penanaman”, pungkasnya.

Pantauan di lapangan tampak Babinsa bersama pemilik lahan bergotongroyong mengolah lahan menggunakan mesin traktor tangan


Pewarta :  Rizki
Editor     :  Kemal

Sumber : JTN Media Network

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form