BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Pemkab Mojokerto Terima Opini WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2020

Dilihat 0 kali




MOJOKERTO - Pemerintah Kabupaten Mojokerto menerima piagam dan plakat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020, dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur didampingi Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur, Taukhid Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, serta Joko Agus Setyono Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, kepada Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto, Jumat (29/10) sore di Hotel Kokoon, Banyuwangi.

Untuk diingat kembali, pada tahun anggaran 2019 lalu opini WTP juga sudah dikantongi Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Ini artinya, WTP tahun anggaran 2020 yang diterima merupakan prestasi tujuh kali berturut-turut yang berhasil dipertahankan. Prestasi WTP ini juga telah sesuai komitmen Pemerintah Kabupaten Mojokerto yang kerap ditekankan Bupati Ikfina Fahmawati. Yakni ASN harus selalu berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten,  harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif, berintegritas, dan profesional.

Taukhid Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur pada laporan sambutan acara mengatakan, bahwa hampir seluruh Pemda se-Jatim pada RKPD 2020 berhasil mengantongi WTP. Trend ini menunjukkan angka kenaikan yang sangat baik, karena di tahun 2014 silam tercatat hanya satu Pemda di Jawa Timur yang berhasil mendapat WTP murni.

“Pencapaian WTP di Jawa Timur, punya karakter spesifik. Saya lihat di data, pada 2014 hanya ada satu Pemda yang dapat WTP murni. Pada 2015 dan seterusnya, terpantau berjalan lebih baik. Jatim adalah barometer nasional ke dua setelah Jakarta. Maka dari itu, laporan keuangan kita harus bagus,” jelas Taukhid.

Selanjutnya Khofifah Indar Parawansa pada arahannya berpesan makna penting sinergitas dalam usaha-usaha pembangunan. Khofifah menyebut ini sebagai orkestrasi pembangunan, dan taman safari politik yang indah.

“Orkestrasi pembangunan ibaratnya taman safari politik yang harus tampak indah. Ada warna kuning, merah, hijau, putih, oranye dll. Fungsi orkestrasi adalah bagaimana kita bisa menjadi satu kesatuan harmony partnership. Ada kerja keras dalam penyusunan LKPD, apalagi dalam masa pandemi covid-19. Prestasi WTP ini, adalah bentuk sinergi yang baik dan harus dipertahankan,” pesan gubernur.

WTP merupakan bentuk dari kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

WTP sendiri sebenarnya bukan tujuan, melainkan sebuah sarana yang mampu menggambarkan kondisi sebuah daerah yang telah menerapkan transparansi, dan good governance. Selanjutnya, informasi yang diolah dan disajikan dalam laporan yang menghasilkan predikat WTP, bisa dijadikan alat atau instrumenl pengambilan sebuah keputusan strategis.

Apabila didapati beberapa temuan signifikan, harus diperhatikan oleh semua Pemerintah Daerah. Meski tidak memberikan pengaruh terhadap kewajaran laporan, temuan tersebut selanjutnya menjadi rekomendasi yang harus diperhatikan dan ditindaklanjuti.

Adapun di antaranya adalah pengelolaan dan penatausahaan aset tetap, yang dinilai belum memadai. Begitupun dengan penatausahaan PBB P-2 dan kebijakan akuntansi, penatausahaan persediaan atas bantuan Covid-19 tahun anggaran 2020, serta ada kemahalan harga pengadaan barang penanganan Covid-19 dari Belanja Tak Terduga (BTT).

Secara lengkap, opini WTP merupakan pernyataan profesional pemeriksa tentang kewajaran penyajian laporan keuangan, bukan merupakan jaminan tidak adanya fraud atau tindakan kecurangan lainnya. Namun jika ditemui, pemeriksa tetap mengungkapkannya dalam laporan.

Sementara laporan keuangan harus memenuhi tujuh unsur penting, antara lain Laporan Realisasi Anggaran, Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan catatan atas laporan keuangan. Serta harus sesuai dengan Standar Administrasi Pemerintahan (SAP), Sistem Pengendali Intern (SPI), kepatuahan pada perundang-undangan, dan kecukupan informasi.

Selain itu, hal mendasar dari WTP adalah kewajaran, artinya wajar dalam hal materialistis baik kuantitatif maupun kualitatif. WTP merupakan yang teratas dari tingkatan LKPD, yang diikuti predikat WDP (Wajar Dengan Pengecualian), Tidak Wajar, dan Disclaimer.

Turut hadir dalam penghargaan ini Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak, Heru Tjahjono Plh Sekdaprov Jawa Timur, serta kepala daerah se-Jawa Timur termasuk Bupati Ikfina Fahmawati yang datang didampingi Teguh Gunarko Sekdakab Mojokerto.(Bams)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form