-->

Peringati HUT TNI ke-76 Jajaran TNI se-Pasuruan Gelar Ziarah Nasional Dan Tabur Bunga Bersama

- October 04, 2021


PASURUAN - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Mereka rela mengorbankan hidupnya demi menjaga dan mempertahankan Negara Indonesia

Maka dari itu kita wajib menghormati jasa para pahlawan kita, bukan hanya mengenang masa lalu selama sehari dalam setahun.

Begitu pula juga dengan menghargai jasa pahlawan kita, tidak hanya mengenang dalam hati dan berterima kasih, melainkan juga dengan meneladani sikap dan perbuatan para pahlawan yang telah mendahului kita.

Pada kesempatan kali ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2021, Kodim 0819 Pasuruan laksanakan kegiatan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jl. Pahlawan No.20 Kota Pasuruan. Senin (04/10).

Dalam pelaksanaan kegiatan ziarah dan tabur bunga Ini, yang bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Dankolatmar Grati Pasuruan Kolonel Marinir I Made Sukada, SE., dan sebagai Komandan upacara adalah Anggota TNI yang bdrasal dari jajaran Kodim 0819 Kapten Arh Indar S dan Perwira Upacara yaitu Pasi Pres Kodim 0819 Kapten Inf Rofik Amirullah.

Dalam kegiatan, pelaksanaan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga, penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan dan diakhiri dengan tabur bunga di pusara para Pahlawan.

Melalui Media Center Pendim 0819 Pasuruan Kolonel Marinir I Made Sukada menyampaikan bahwa Ziarah Nasional dan tabur bunga di TMP adalah dalam rangka memperingati HUT TNI ke 76 yang bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur, serta dapat merenungkan setiap perjuangan para pahlawan yang telah mengharumkan bumi pertiwi dengan berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Di tempat yang sama Dandim 0819 Letnan Kolonel Infanteri Nyarman, M. Tr. (Han) juga menyampaikan bahwa kegiatan ziarah dan tabur bunga ini tak lain adalah merupakan agenda rutin yang wajib dilakukan oleh jajaran TNI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 76 tahun.

"Tujuan dari ziarah dan tabur bunga ini adalah untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa dalam pendirian Kemerdekaan. Berkat para Pahlawan tersebut kita semua dapat menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan," kata Letkol Nyarman.

Ziarah Nasional dan tabur bunga tersebut diikuti lebih kurang 50 personil dan dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi, yang tentunya tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Adapun susunan pasukan upacara diantaranya, 1 SSR dari Personil Kodim 0819/Pasuruan, 1 SSR anggota dari Batalyon Zipur 10/2/Kostrad, 1 SSR anggota Puslatpur Grati dan 1 SSR anggota TNI AU Raci Kabupaten Pasuruan.

Hadir dalam kegiatan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga yaitu; Kolonel Marinir  I Made Sukada, S,E (Dandkolatmar Grati Pasuruan), Komandan Kodim 0819/Pasuruan Letkol Inf  Nyarman, M.Tr. (Han), Danyon Zipur /10/2 Kostrad Pasuruan Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, Mayor Arh M Ridwan (Kasdim 0819 Pasuruan), Mayor Marinir Agung (Puslatpur Grati Pasuruan).

Turut hadir, Mayor Kav Sutikno (Wadan Kav Beji Pasuruan), Kapten Kristiadi (Datasemen AU Raci Pasuruan), Kapten CPM Rif'an Hadi Nurhasyim, S.H. (Dansub Pom V/3-4 Kota Pasuruan), Jajaran Perwira Kodim 0819 Pasuruan, Ibu-ibu Persit dan anggota PNS Kodim 0819 Pasuruan. 

Reporter : Agus H.

Editor      : Lalang S.

 

Start typing and press Enter to search