-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Kajian Kitab Kuning KH. Amirudin

Dilihat 0 kali

 


SELAMAT PAGI JTN

Assalamualaikum wr.wb. 

Kajian Kitab Kuning edisi Mau'idotul Hasanah hari ini bersama Bapak KH. Amirudin dengan tema _*"TUGAS MANUSIA HIDUP DI DUNIA"*_Rabu,(15/12/2021).

Bapak KH.Aminudin adalah pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Darul Qur'an yang terletak di desa Cikahalang, Kec. Dukuhpuntang Kab.Cirebon.

Beliau mengambil tema Tugas Manusia Hidup di Dunia karena "Bahwasannya manusia adalah makhluk yang mulia," 

Dan dengan kemuliaannya itu manusia dituntut 3 (tiga) hal/perkara :  

-Yang pertama (1) manusia hidup didunia ini ditugaskan untuk beribadah sesuai ayat Al Qur'an Surat Adzariyat ayat 56.dalam penjabarannya  ajakan untuk melakukan ibadah mahdo yaitu seperti Syahadat,Sholat, Puasa, Zakat dan Haji (bila mampu) atau Rukun Islam yang ke - 5.

- Kedua, manusia menjadi Kholifah di berikan Fasilitas olehAllah di Dunia dan seisinya.

Allah memberikan keutamaan dari makhluk-makhluk yang lain.Contoh ; para Nabi, Para Rossul, Para Wali, semua dari golongan Manusia, bukan malaikat ataupun Jin.

Manusia diberikan akal, pikiran(ilmu) dan nafsu maka menjadi makluk yang sempurna,  Malaikat  adalah makhluk yang tidak punya nafsu maka menjadi makhluk yang taat dan rajin ibadah ke pada Allah SWT, sedang Jin diciptakan dari api  sebagai makhluk yang  hanya memiliki nafsu maka menjadi makhluk yang paling sombong dan mendapat murka Allah sehingga dikeluarkan dari Surganya Allah.Lalu Iblis menjadi dendam hingga sekarang.

- Ketiga Menjadi penolong bagi sesamanya.Saling tolong-menolong Orang kaya dengan hartanya menolong yang miskin, orang yang kuat menolong yang lemah,  orang yang pintar nolong yang bodoh, itulah manusia makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri pasti harus ada orang lain. 

Kesimpulannya, manusia adalah makhluk yang paling sempurna di muka bumi, hindari dendam, dan menjadi penolong bagi sesama. 

Wassalamu 'alaikum wr.wb. 


(Syarif AR.jtn)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form