-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Ronteg Singo Ulung, barongsai ala kota tape

Dilihat 0 kali


ANGGARDAYA

JAWATIMURNEWS,COM | Pernah menyaksikan barongsai khas Tiongkok? Bondowoso memiliki kesenian yang serupa dengan barongsai, yaitu Singo ulung atau biasa disebut dengan Ronteg Singo Ulung, kesenian yang lahir di Desa Blimbing, Kecamatan Tapen.

Ronteg singo ulung adalah tari yang melibatkan tiga singa, dimana setiap singa dimainkan oleh dua orang.

Ada nilai historis dari kesenian ini, konon asal usul terciptanya singo ulung tak lepas dari kisah tokoh masyarakat desa Blimbing yang terkenal akan kesaktiannya yaitu Juk Seng dan Jasiman, kedua tokoh ini sangat berjasa sehingga masyarakat mengenangnya dengan membuat kesenian Ronteg Singo Ulung.

Untuk dapat menyaksikan kesenian singo ulung di Bondowoso, datanglah saat Festival Muharram di alun-alun Bondowoso atau datanglah ke Padepokan Seni Gema Buana di Prajekan.

Namun kalau kamu ingin melihat secara langsung acara Singo Ulung yang dikemas dalam ritual bersih desa datanglah ke Desa Blimbing Kecamatan Tapen pada pertengahan bulan Sya’ban. 


Sumber_Jtn Media Network

(Jtn Anggardaya Team)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form