BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Gelar Jumat Curhat Kapolres Malang Serap Aspirasi Masyarakat Kecamatan Turen Kab. Malang

Dilihat 0 kali

 


MALANG - JAWA TIMUR


JAWATIMURNEWS.COM

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, Kembali menggelar kegiatan ‘Jumat Curhat’ guna menyerap aspirasi dan keluhan secara langsung dari masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Kali ini, salah satu program yang rutin dilaksanakan oleh Kepolisian itu digelar di Mako Polsek Turen, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jumat (10/2/2023) pagi.


Seperti diketahui, Jumat Curhat merupakan agenda dialog interaktif kamtibmas antara Kepolisian bersama warga masyarakat. Melalui forum ini, masyarakat  mendapatkan berbagai informasi terkait masalah pelayanan kepolisian, pengaduan kriminalitas, bencana hingga informasi seputar tugas-tugas kepolisian ditengah masyarakat.


Masyarakat juga dapat menyampaikan aspirasi, pertanyaan, kritik dan saran serta masukan dalam kegiatan yang dikemas secara sederhana dengan bentuk dialog kamtibmas tersebut.


Kegiatan Jumat Curhat pagi itu dihadiri oleh Muspika Turen, seluruh kepala desa dan lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta warga masyarakat di Kecamatan Turen.


Sementara dari kepolisian, Kapolres AKBP Putu Kholis mengajak serta Kasat Binmas Kasat Intelkam AKP Bambang Agus Tri, Kasat Binmas Indra Subekti, Kasat Reskrim IPTU Wahyu Risky Saputro dan Kasi Humas IPTU Ahmad Taufik, agar bisa mengenal lebih dekat dan totalitas dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.


Dalam sambutannya, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir dan menyempatkan waktu untuk bertatap muka guna merangkum aspirasi dari masyarakat secara langsung. 


Pihaknya juga memberikan apresiasi atas dukungan Muspika, kades dan lurah sehubungan dengan pelaksanaan apel 10 ribu Banser dan Anshor yang beberapa waktu lalu dilaksanakan di Stadion Kahuripan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.


“Terimakasih kepada Muspika, seluruh kades dan lurah, rangkaian perayaan 1 Abad NU tidak ada kendala apapun, karena sinergisitas antara kita semua dengan warga Nahdliyin,” kata AKBP Putu di Mapolsek Turen, Jumat (10/2).


Kapolres menambahkan, guna memudahkan warga Kabupaten Malang termasuk warga Kecamatan Turen dalam pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM), pihaknya kini tengah melakukan pembangunan kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di Dusun Tegaron, Desa Talangagung, Kabupaten Malang. Tentunya dengan pembangunan ini masyarakat akan lebih mudah dan dekat Ketika akan melakukan pengurusan SIM.


“Alhamdulillah tahun ini kita mengerjakan pembangunan kantor Satpas SIM, di Tegaron, Kepanjen, mudah-mudahan tahun ini bisa selesai dikerjakan,” ujarnya.


Tak ingin melewatkan kesempatan, sejumlah peserta yang hadir langsung memanfaatkan momen itu untuk menyampaikan aspirasi dan masukan dari wilayahnya. 


Seperti Riyanto, Kepala Desa Tawangrejeni, menyampaikan bahwa wilayahnya merupakan akses jalan menuju tempat wisata pantai Malang Selatan. Riyanto berharap adanya penambahan rambu-rambu lalu lintas atau lampu traffic light untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang kerap terjadi di persimpangan jalan Desa Tawangrejeni. 


“Kami berharap dipasang rambu-rambu, untuk meminimalisir tingkat kecelakaan, kemudian kalau bisa pelaksanaan Jumat Curhat juga diturunkan ke tingkat desa,” ucapnya. 


Senada dengan Riyanto, Wahyudi selaku Kepala Desa Sawahan menyambut baik kegiatan Jumat Curhat yang dinilai bisa menyerap langsung aspirasi dari masyarakat. Wahyudi juga mengungkapkan rasa terimakasih kepada pihak kepolisian yang telah memberantas perjudian di wilayahnya. 


Menurutnya, mayoritas warga yang merupakan Nahdliyin mendukung penuh kepolisian untuk menghilangkan praktik perjudian yang meresahkan warga. 


“Kami berterimakasih sekali kepada kepolisian karena perjudian telah diberantas di wilayah kami,” tuturnya.


Sementara itu, Kepala Desa Jeru, Edin, menyampaikan bahwa mendekati bulan Ramadhan pihaknya berharap agar patroli kepolisian lebih ditingkatkan. Edin menyebut, seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan puasa dimanfaatkan oleh sejumlah remaja untuk menunggu waktu berbuka puasa dengan mengadakan balap liar.


“Mohon Pak, agar patroli ditingkatkan untuk mengantisipasi balap liar,” ungkapnya.


Menanggapi amanat tersebut, Kapolres AKBP Putu, menyampaikan pihaknya akan berkomunikasi dengan pihak terkait agar segera diupayakan untuk penambahan jumlah rambu-rambu lalu lintas di wilayah jalur utama yang melintasi Desa Tawangrejeni.


Kapolres juga memerintahkan personel jajarannya untuk meningkatkan patroli di wilayahnya sebagai cipta kondisi memasuki bulan suci Ramadhan. Hal ini dilakukan agar masyarakat merasa terlindungi serta sebagai upaya menekan gangguan Kamtibmas dan kerawanan lainnya.


“Nanti akan kita lakukan patroli gabungan secara berkala sebagai antisipasi gangguan kamtibmas, termasuk mencegah balap liar,” imbuhnya.


Suasana dialog pagi itu berjalan dengan atraktif dan menarik. Semua yang hadir cukup antusias menyimak paparan dan penjelasan dari Muspika dan pihak kepolisian. Banyak hal-hal yang menjadi permasalahan dalam masyarakat ditanggapi dan didiskusikan bersama secara hangat untuk mencari solusi terbaik.


Sumber : Jtn Media Network

 (WmS)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form