BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Hari Gizi Nasional

Dilihat 0 kali


 JAWATIMURNEWS.COM |Kamis (25/1/2024)

SELAMAT PAGI JTN

Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Tahun ini, Indonesia akan merayakan Hari Gizi Nasional yang ke-64. Kemenkes RI mengusung tema 'MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting' dengan slogan 'MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas'.

Dikutip detikHealth dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Hari Gizi Nasional adalah momentum penting dalam menggalang kepedulian dan komitmen membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi. Harapannya, hal tersebut dapat mendorong pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bidang kesehatan.

Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada 25 Januari 1951.

Kala itu, Indonesia tengah melakukan upaya perbaikan gizi di bawah kepemimpinan Menteri Kesehatan (Menkes) J Leimena. Salah satunya dengan mengangkat Prof Poorwo Soedarmo, yang kini dikenal sebagai 'Bapak Gizi Indonesia', sebagai kepala LMR.

Saat itu, LMR lebih dikenal sebagai 'Instituut Voor Volksvoeding' yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan atau yang dikenal juga sebagai Lembaga Eijkman.

Berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan menjadi tonggak perkembangan gizi di Tanah Air. Akhirnya pada pertengahan 1960, disepakatilah tanggal 25 Januari sebagai peringatan Hari Gizi Nasional. 


REDAKSI

EDITOR     :  Kemal


Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form