Arumi Bachsin Titip Kerajinan Lumajang Terus Dikembangkan

- May 18, 2019


LUMAJANG -  Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur hadir di penutupan Festival Ramadan 1440 H/ 2019 M tingkat Bakorwil Jember di Kabupaten Lumajang,, Kamis (16/05/2019. Festival ramadhan ditutup, setelah berlangsung selama 2 hari, Mulai Rabu (15/05) di kawasan Alun-alun selatan. Kehadiran Arumi, mencuri perhatian para pengunjung maupun forografer yang tak henti henti mengabadikannya.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML., menyampaikan Kabupaten Lumajang memiliki hasil pertanian yang unggul, namun belum banyak dikenal daerah lain. Untuk itu, Cak Thoriq, sudah berkebijakan setiap kegiatan di Lumajang, konsumsi atau hidangannya harus produks asli Lumajang.
Diungkapkan, hasil pertanian yang unggul tersebut diantaranya buah-buahan, misalnya Pisang Agung dan Pisang Mas Kirana. Bahkan, ada buah durian atau duren yang memiliki rasa khas, yang di daerah lain belum ditemukan. Durian yang dimaksudkan memiliki rasa "campuran", ada manis, kecut dan pahitnya.
"Kami perlu dorongan yang lebih dari Pemprov Jatim, supaya produk pertanian dengan keunggulan dari Kab.Lumajang bisa berdaya saing," pintanya.
Bupati berharap, begitu di intervensi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, semoga Lumajang akan memiliki nilai tawar dan daya saing yang tinggi di pasar regional maupun nasional. Di sisi lain, Bupati bertekat akan terus menjadikan Kabupaten Lumajang lebih nyaman dikunjungi dan ditempati.
Bahkan, Bupati berharap bisa menjadi bagian dari paket destinasi wisata Provinsi Jawa Timur dan Nasional, khususnya dengan keunggulan produks pertanian yang menjadi kebanggan Kabupaten Lumajang,"ungkapnya.
Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lumajang atas fasilitasi terselenggaranya festival ramadhan tahun ini. Menurutnya, acara ini akan menjaga keharmonisan antara Pemerintah Provinsi Jatim dengan Pemkab. Lumajang, serta seluruh warga masyarakat.
"Bukan hanya acara yang tepat pada bulannya, tapi, saya yakin acara seperti ini akan menjaga keharmonisan kita, keharmonisan bangsa, yang menjaga ketentraman dan kedamaian hati kita," ujarnya.
Mantan artis yang kini menjadi istri Wagup Provinsi Jawa Timur itu berpesan, agar kerajikan di Lumajang terus dikembangkan. "Kami titip kerajinan yang ada di Lumajang ini, semoga semakin bervariasi karyanya, dan tidak lupa, keterampilan ini diajarkan pada generasi muda, sebagai upaya regenerasi," pungkasnya.[JAWATIMURNEWS.COM/Red]
 

Start typing and press Enter to search