BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Saran Dr.Irwan Husen, Terkait Keluhan Petani Bawang di Bima

Dilihat 0 kali

 

LIPUTAN KHUSUS

jawatimurnews.com - Saran dari pakar terkait keluhan petani bawang di Bima

Dr Irwan Husen unram : Para petani sebenarnya sudah panen sejak bulan 9 lalu dan bawang sudah kering, sehingga mereka menjual bulan sekarang dengan harapan harga sudah tinggi tetapi faktanya harga terjun bebas.

Hukum ekonomi ketika produksi melimpah harga pasti turun. Nah yang jadi masalah adalah kemana para petani harus memasarkan produknya dalam kondisi seperti ini. Karena jika mengandalkan pasar lokal mustahil mampu merangsang harga, jikapun keluar daerah para pengepul enggan membayar dengan harga tinggi apalagi bersaing dengan produk yang sama dari daerah lain.
Saat ini mereka harus menanggung biaya produksi yang pembayarannya tertunda menunggu harga naik, sisi lain harus mengembalikan utang modal Pinjaman pada lembaga keuangan perbankan maupun non bank
Dan untuk menjula menunda penjualan terlalu lama bagi petani itu sulit, karena kebutuhan dasar mereka untuk terus bekerja akan semakin besar. (Ranti)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form