-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari





Loading

Saran Dr.Irwan Husen, Terkait Keluhan Petani Bawang di Bima

- November 20, 2021

 

LIPUTAN KHUSUS

jawatimurnews.com - Saran dari pakar terkait keluhan petani bawang di Bima

Dr Irwan Husen unram : Para petani sebenarnya sudah panen sejak bulan 9 lalu dan bawang sudah kering, sehingga mereka menjual bulan sekarang dengan harapan harga sudah tinggi tetapi faktanya harga terjun bebas.

Hukum ekonomi ketika produksi melimpah harga pasti turun. Nah yang jadi masalah adalah kemana para petani harus memasarkan produknya dalam kondisi seperti ini. Karena jika mengandalkan pasar lokal mustahil mampu merangsang harga, jikapun keluar daerah para pengepul enggan membayar dengan harga tinggi apalagi bersaing dengan produk yang sama dari daerah lain.
Saat ini mereka harus menanggung biaya produksi yang pembayarannya tertunda menunggu harga naik, sisi lain harus mengembalikan utang modal Pinjaman pada lembaga keuangan perbankan maupun non bank
Dan untuk menjula menunda penjualan terlalu lama bagi petani itu sulit, karena kebutuhan dasar mereka untuk terus bekerja akan semakin besar. (Ranti)
 

Start typing and press Enter to search