BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Refleksi Akhir Tahun PJI (Persatuan Jurnalis Indonesia)

Dilihat 0 kali
Foto: Hartanto Boechori (Ketua Umum PJI)

 

SURABAYA-JAWA TIMUR

JAWATIMURNEWS.COM | Sudah menjadi tradisi di berbagai organisasi mengadakan acara di akhir tahun guna memperkokoh eksistensinya. Salah satunya adalah PEMUDA PUSURA DAN PERSATUAN JOURNALIST INDONESIA (PJI), yang sedianya akan mengadakan acara Refleksi akhir tahun dengan tajuk acara “NGOPI” (Ngobrol Pintar) Jogo Suruboyo, pada hari Jumat 30 Dsember 2022 bertempat di halaman PUSURA Jl. Yos Sudarso 9 Surabaya, 

demikian undangan yang di sampaikan langsung oleh Ketua Umum PJI Hartanto Boechori yang juga salah satu wartawan senior dan tokoh Jawa Timur kepada Jtn Media Network JAWATIMURNEWS.COM

Sekilas tentang PJI (Persatuan Journalist Indonesia) yang kami dapat dari Web Resminya dpp.pji.or.id/ Persatuan Jurnalis Indonesia yang disingkat P.J.I adalah suatu organisasi profesi kewartawanan yang bersifat independen dan berjiwa kesatria serta berazazkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang resmi terdaftar pada Direktorat Jenderal Sosial Politik Departemen Dalam Negari Republik Indonesia (Dirjen Sospol Depdagri) berdasarkan Daftar Nomor Urut : 186 tanggal 25 Nopember 1998. (Sekarang bernama Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik DEPDAGRI)

P.J.I. atau Persatuan Jurnalis Indonesia didirikan di kota pahlawan Surabaya oleh beberapa wartawan senior Surabaya setelah adanya gerakan reformasi yang dipelopori oleh para mahasiswa dan kemudian berlanjut dengan adanya keleluasaan mengeluarkan pendapat dan kekebasan berorganisasi serta kemerdekaan pers di Indonesia yang bermuara pada PERMENPEN NO. 2 Bulan Juli Tahun 1997 ( kala itu Departemen Penerangan sekarang Departemen KOMUNIKASI & INFORMATIKA )

Pada tahun 1998, tepatnya 20 Agustus 1998 berdirilah PJI, yang langsung berkiprah dan berperan serta dalam dunia jurnalistik di tanah air yang dikuatkan dengan dibuatnya akta notaris pendirian organisasi profesi sekaligus mendaftarkan ke Instansi Pemerintah dalam hal ini Dirjen Sospol Depdagri, sehingga keberadaan organisasi ini sah dan resmi serta sudah memenuhi persyaratan Undang Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). sebagaimana organisasi profesi lainnya.

Sejak berdirinya P.J.I. yang dilengkapi dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD & ART ), dengan sudah terbentuk struktur organisasi dan susunan pengurus yang dilengkapi dengan komposisi personalianya seperti yang tercantum dalam AD/ART.

Masa Kepengurusan atau masa bhakti kepengurusaan P.J.I. dalam hal ini Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Jurnalis Indoensia (DPP.PJI) periode pertama (awal) memang tidak terbatas. Akan tetapi berdasarkan AD/ART. P.J.I. maka Pengurus DPP PJI harus menyelenggarakan Musyawarah Nasional Pertama sebagai syarat mutlak dalam suatu organisasi termasuk P.J.I.

Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Jurnalis Indonesia (DPP.PJI.) periode pertama ini telah menyelenggarakan Musyawarah Nasional Pertama (MUNAS I PJI). Pada tanggal 22 September 2006.

Sumber_ Jtn Media Network
 (Team Redaksi)



 

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form