BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

DPP MOI Respon Ajakan KPK, Wartawan ikut Awasi Dana Desa

Dilihat 0 kali


JAKARTA - Ajakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata agar wartawan ikut membantu penegak hukum memonitoring penggunaan dana desa direspon oleh Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI). MOI yang memiliki jaringan diseluruh Indonesia akan mengambil peran membantu pemerintahan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin mendorong transparansi pengelolaan negara.

“Ajakan KPK itu kami respon agar wartawan media online Indonesia (MOI) juga ikut melakukan pengawasan dalam penggunaan dana desa. Media di daerah memiliki informasi lebih cepat dalam mencium kemungkinan adanya penyalahgunaan wewenang,” tegas Sekjen MOI, HM. Jusuf Rizal di Jakarta dalam merespon permintaan KPK tersebut.

Sebagaimana diberitakan usai KPK melakukan MOU (Memorandum of Understanding) dan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Daerah di seluruh Propinsi di Indonesia, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata juga meminta wartawan untuk ikut berperan aktif ikut memonitoring penggunaan dana desa.

“Intinya apakah penggunaan dana desa sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat atau tidak, karena KPK tidak mungkin mengontrol turun ke desa-desa jika bukan karena bantuan informasi dari rekan-rekan media,” tegas Marwata sambil menambahkan Informasi rekan-rekan media sangat penting.

Menurut Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu, dewasa ini peran media sangat strategis, termasuk media online. Era digital di era revolusi industri 4.0 ini, informasi yang disampaikan wartawan lebih cepat sampai bahkan dari berbagai pelosok yang sulit dimonitor pejabat.

Untuk itu, lanjut Jusuf Rizal, DPP MOI akan menginstruksikan kepada wartawan anggota media online di seluruh Indonesia agar ikut membantu mengawal Visi Indonesia, Jokowi-KH.Ma’ruf Amin dengan memonitoring penggunaan dana desa. MOI juga meminta para wartawan bekerjasama dengan Kepolisian, Kejaksaan dan LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) di daerah dalam aktivitasnya dilapangan.

Saat ini jumlah media online berdasarkan data dari Kementerian Informasi dan Komunikasi sekitar 44 ribu. Dengan jumlah sebanyak itu jika turut membantu memonitoring penggunaan Dana Desa cukup efektif. Karena Salah Satu penyebab penyelewengan dana Desa adalah karena lemahnya pengawasan di tingkat desa

Berdasarkan catatan redaksi Perkumpulan Perusahaan Media Online Indonesia (MOI) didirilan September 2018. Memiliki 365 lebih anggota Perusahaan media sebagaimana di website www.moi.or.id yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketua Umum MOI, Rudi Sembiring Meliala, Sekjen, HM. Jusuf Rizal dan Bendum, Hj.Candra Manggih. (JAWATIMURNEWS.COM/Red)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Previous Post Next Post

Contact Form