BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

Komodo Dalam Pusaran Sejarah Kesultanan Bima oleh Alan Malangi (2)

Dilihat 0 kali




ARTIKEL

jawatimurnews.com - Atas dasar itulah, pengembangan kepariwisataan di wilayah timur Bima menjadi satu kesatuan Biosfer pengembangan kepariwisataan dengan wilayah Manggarai NTT.

Abad XV Kerajaan Bima melakukan ekspansi wilayah ke Manggarai hingga kepulauan Alor dan Solor. Catatan tentang hal ini telah banyak ditulis oleh para sejarahwan, antropolog, sosilog dan ilmuan lainnya. Bo Sangaji Kai merupakan sumber lokal Bima yang menguraikan tentang bagaimana hubungan Bima dengan Manggarai.

20 Porsen naskah BO Sangaji Kai menguraikan bagaimana eksistensi kerajaan Bima di wilayah itu. Bahkan BO merangkum kampung kampung yang menjadi wilayah Bima di Manggarai. Catatan BO juga diperkuat oleh DF.Van Bram Morris dalam “Kerajaan Bima 1886 “ yang juga menguraikan nama-nama Kampung di bawah kekuasaan Kerajaan Bima di Manggarai.

Kerajaan Bima menempatkan perwakilan kerajaan di Manggarai yang dipimpin oleh seorang Naib dibantu para Dalu. Di distrik Pota Manggarai Timur terdapat istana Naib Sultan Bima yang dikenal dengan Asi Pota.

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form