-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari





Loading

Saran Dari Pakar Dr.Firmansyah Unram, Terkait Keluhan Petani Bawang Di Bima

- November 21, 2021



LIPUTAN KHUSUS

jawatimurnews.com - Saran dari pakar terkait keluhan petani bawang di Bima

Dr Firmansyah unram : ketika pasokan melimpah logika hukum pasarnya memang harga turun. Distributor mengenakan harga rendah karena persoalan sistim logistik dan sifatnya mudah rusak, sehingga mau tidak mau petani jual dengan harga murah.

Nah, pemerintah melalui koperasi atau BUMD bisa masuk disini dengan mengelola bawang merah menjadi bawang olahan.
jika pemerintah kita siap, bisa kita contohkan dari pohon indstri pabrik makanan ringan dan sejenisnya yang selalu membutuhkan bawang. Dan itu bawang yang sudah diolah. Artinya bawang mentah itu diolah sehingga jangka penyimpanan akan lama.
Jika mau fokus bawang merah ini bisa menciptakan lapangan kerja dan mengangkat taraf hidup masyarakat. Karean disamping Hasil panen bisa langsung dijual oleh petani.
Pemerintah pun bisa memberdayakan UMKM bahkan BUMD untuk mengelolanya, karena penggunana bawang merah bisa dua sisi yakni langsung di dapur dan pengolahan untuk industri.
Tetapi hal ini butuh konsistensi dan akar permasalahan harus jelas sehingga bisa dibuatkan perencaaan A, B, c dan D.
Untuk itu pemerintan bisa memfasilitasi dengan membuat korporasi yang melibatkan koperasi, atau asosiasi gapoktan yang ada di Bima. Atau bahkan membuat pabrik pengolahan bawang.
Dengan bergitu petani bisa mengontrol dan memenej kebutuhan produksinya. (Ranti)
 

Start typing and press Enter to search