Festival Kopi Blitar

- August 01, 2018




Blitar-Jtn
Kopi merupakan minuman yang akrab bagi masyarakat di wilayah iklim tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia menghasilkan berbagai varian kopi yang dikenal meskipun jenis tanaman kopinya sama, seperti kopi lampung, kopi Aceh, Kopi Kitamani dll. Hal ini disebabkan perbedaan tanah, ketinggian, suhu dll. Banyaknya varitas kopi merupakan potensi tersendiri bagi Indonesia. 
r.Konsumsi kopi di Indonesia meningkat dari 0,5kg/kapita pada tahun 2013 menjadi 1,6kg/kapita ditahun 2017. Tetapi hal ini tidak merubah harga kopi dipasar tradisional. Karena konsumsi tinggi tersebut didominasi oleh kopi sachet. Sedangkan kopi di cafe, yang menawarkan kopi sungguhan, hanya mampu menjangkau 5 – 10 % pasar kopi Indonesia.

Sehingga diperlukan pendidikan ke masyarakat soal konsumsi kopi, dengan menghadirkan kopi petani di Indonesia, supaya masyarakat mengetahui kopi secara utuh dan benar.
Salah satu bentuk pendidikan kepada penikmat kopi ialah dengan mengadakan festival kopi. Sebagaimana dikatakan Abdul Azis ketua Rumah Blitar Kreatif “festival kopi blitar bertujuan untuk mengenalkan kopi dan cafe blitar, juga pendidikan kepada peminum kopi, bahwa kopi murni dari petani itu, lebih baik daripada kopi sachet, makanya pada tanggal 29 Juli 2018 ini kita adakan festival kopi blitar kedua ini”. (Jtn/Red)
 

Start typing and press Enter to search