-->
Pasang Iklan/Promo/Launching Produk/Langganan Pemberitaan/Realease/Press Conference/100 Berita Peristiwa Ter Update Setiap hari





Loading

H.Sutarman ; Joint Venture Solusinya Petani Bawang (3)

- November 21, 2021


LIPUTAN KHUSUS

jawatimurnews.com - Saran dari pakar terkait keluhan petani bawang di Bima

Namun begitu, petani memiliki keterbatasan modal. Untuk mengatasi masalah tersebut, peran Company itu menjadi penting. Setiap pinjaman memerlukan jaminan di bank, maka disinilah fungsi lain dari Company itu. Yakni sebagai off taker penyerapan hasil produksi petani dan mampu menyediakan benih, pupuk, serta sarana produksi pertanian lainnya.

Mantan Calon Walikota Bima ini menjelaskan bahwa jika Joint Company ini bisa segera terwujud, maka bukan tidak mungkin Bima bisa masuk dalam kalender Program Penyedia Pangan Nasional.

Menurutnya dalam pengembangan kawasan Pangan Nasional yang tengah menjadi Prioritas Presiden Jokowi itu

akan dibangun model industri hulu-hilir termasuk pasca panen, sehingga nantinya akan ada “market place” seperti pasar modern.

Jika Company ini ditangani Pemerintah maka Company bisa mengupayakan peningkatan kapasitas petani dengan membentuk Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) untuk pengembangan komoditas hortikultura dan penyiapan benih hortikultura bermutu. (Ranti)

 

Start typing and press Enter to search