BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

PT. BRI (PERSERO) Cabang Tolitoli Gelar Gathering Ekosistem Desa

Dilihat 0 kali

 


TOLITOLI

JAWATIMURNEWS.COM - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Tolitoli menggelar Gathering Ekosistim Desa Tahun 2022 yang secara resmi dibuka oleh Bupati Tolitoli Amran Hi.  Yahya, di Hotel Mitra Utama Tolitoli pada Senin pagi (10/01). 

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) kantor cabang Tolitoli, Nurdianto Maswardi Suwono, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Moh. Zikron,  Lamaming SH, M. Si, Sekretaris Dinas Koperasi Zasuli, ST, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Arham,  A. Jacub, SH, seluruh karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) kantor cabang Tolitoli, serta seluruh peserta gathering ekosistem desa.

Pimpinan PT. (Persero) Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Tolitoli Nudianto Maswardi Suwono Melaporkan maksud tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar peserta lebih banyak belajar khususnya perkembangan ekosistem yang ada di desa sehingga masyarakat  bisa melakukan usaha. Ada dua hal  dalam ekosistim desa, yang pertama, klaster usaha ada 59 usaha mikro yang telah dikembangkan yaitu permodalan dan transaksi yang berupa KUR Kemitraan dan Ultra Mikro. Kedua, program desa adalah untuk memperbaiki  dan mengembangkan beberapa Ekosistim Desa. 

Sementara itu, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya dalam sambutannya mengatakan sebagai mitra pemerintah Bank Rakyat Indonesia Cabang Tolitoli memiliki peran dan fungsi yang sangat besar dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Tolitoli. Kehadiran Bank Rakyat Indonesia memiliki tanggung jawab sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini.  Selaku Pemerintah Daerah, Bupati berharap bahwa Bank Rakyat Indonesia tetap eksis dan berkomitmen untuk memajukan dan mengoptimalkan serta mengembangkan ekosistem desa yang terdiri dari masyarakat desa, Pemerintah Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) serta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang saling terhubung dan mendukung satu dengan yang lain untuk menciptakan proses bisnis yang berkesinambungan pada suatu desa khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Tolitoli, yang bermuara pada peningkatan usaha masyarakat dengan tujuan meningkatkan produktifitas dan membuka usaha baru untuk mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat dan daerah  yang sempat terpuruk selama masa pandemi covid-19.  Hal ini tentunya sejalan dengan salah satu Misi Pemerintah Daerah yaitu untuk menciptakan kemandirian ekonomi desa sebagai pilar pembangunan daerah.

Semua itu tentunya tidak terlepas dari keberadaan para mantri dari BRI sebagai ujung tombak perekonomian di desa, yang tidak hanya bertugas sebagai tenaga pemasaran program dan produk-produk BRI itu sendiri, akan tetapi juga turut andil tugas dalam memberdayakan Badan Usaha Milik Desa dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Dengan ditugaskannya mantri sebagai pendamping  maka diharapkan lebih mendekatkan diri dengan pelaku ekonomi yang ada di wilayahnya  sehingga mampu memberikan solusi atas kendala-kendala yang dihadapi. Tidak hanya seputar kredit melainkan bimbingan administrasi keuangan maupun membantu untuk memasarkan produk secara digital. Selain itu, program pendampingan berperan untuk menciptakan klaster usaha baru yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup anggota maupun masyarakat sekitarnya serta mendukung pelaku UMKM yang sudah ada untuk dapat naik kelas. Dengan demikian, Bank Rakyat Indonesia siap menjaga maupun mendongkrak potensi yang ada di desa dan membangun masyarakat desa yang lebih sejahtera dan mandiri, sehingga berujung pada suksesnya program pemulihan ekonomi nasional. 


Bupati Tolitoli mengharapkan kepada pihak PT. Bank Rakyat Indonesia untuk dapat terus menjalin hubungan yang baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dan melakukan kerjasama dengan ekosistem desa, baik dalam bentuk kemudahan dalam mendapatkan bantuan modal usaha, pemberian pelatihan  pendampingan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan melibatkan stakeholder terkait yang mendukung ekonomi mikro serta kerjasama lainnya dalam menjaga maupun mengelola potensi desa yang bisa menguntungkan kedua belah pihak. 

Bupati juga berpesan kepada PT. Bank Rakyat Indonesia agar terus meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat terjalin hubungan yang harmonis dengan nasabah  dalam memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat untuk kemajuan daerah Kabupaten Tolitoli.


Sumber : Jtn Media Network 

Reporter.   :  ASRIATI

Fotografer :  IRFAN BADARUDIN

Tim Liputan Bagian Prokopim

Setdakab Tolitoli.

(Arham/Winarno)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form