BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA
ANGGARDAYA DESKOBIS WISLAMIHER SETAPAK INFO INFO TIPS

ADA APA.." Ruangan DPRD Jadi Tempat Audensi Format Yang Di Hadiri Ka Dinkes, Dir RSUD Bangil dan Grati ...

Dilihat 0 kali
Foto: Audensi Format bersama komisi 4 Ka Dinkes, Dir  RSUD Bangil dan Dir RSUD Grati di Ruang kantor DPRD 



PASURUAN-JAWA TIMUR


JAWATIMURNEWS.COM



Program UHC ( Universal Health Coverage ) yang menjadi program andalan Pemerintah Kabupaten Pasuruan menjadi sorotan para aktivis dan pegiat sosial, Kamis 19 Januari 2023 diruang DPRD Kabupaten Pasuruan Forum Rembuk Masyarakat Pasuruan ( FORMAT) menggelar Audiensi dengan komisi 4 yang juga dihadiri Ka. DINKES, Dir. RSUD Bangil dan Grati serta BPJS Kabupaten Pasuruan.


Dalam kesempatan tersebut ketua Format Ismail Makky menyatakan,  program UHC ini banyak menimbulkan penafsiran berbeda oleh masyarakat  karena minim sosialisasi, masih banyak kasus yang ditemui terkait layanan UHC


Menambahkan pula anggaran UHC  mencapai Rp 151 milyar dari dana bagi hasil cukai dan tembakau DBHCT merupakan awal pintu masuk ke tindak pidana korupsi dan juga diduga UHC adalah praktek bisnis dari BPJS, itu dapat diindikasi dari banyaknya tunggakan BPJS * ujarnya 


Gus Shobih ketua komisi 4 DPRD dari farksi PKB mengatakan, pelayanan kesehatan program UHC ini harus benar-benar memberikan mutu yang bisa diandalkan  "Pelayanan UHC yang terbatas ini diharapkan bisa memberikan hal yang  positif bagi masyarakat Pasuruan "


Anggota komisi 4 Trilaksono dari Fraksi Partai Golkar  menambahkan, selama ini saya melihat beberapa daerah memberikan pelayanan tidak terbatas, atau tidak ada batasan klasifikasi penyakit. "Adanya pembatasan kesehatan oleh BPJS seharusnya tidak perlu dilakukan sehingga masyarakat pasuruan bisa mendapatkan kesehatan yang baik dan berkualiatas," ujar Trilaksono.



Ditempat yang sama Ani Latifah kepala dinas kesehatan mengatakan bahwa program UHC merupakan sistem jaminan kesehatan seluruh warga negara.


Menurutnya, UHC Ini merupakan program untuk masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan. Diperkirakan 1 juta 600 ribu jiwa yang terkafer kesehatanya,  namun saat ini cuma 1juta 300 jiwa masih belum memenuhi sarat. 

"Progran UHC Ini harus 95 persen dari jumlah penduduk. UHC ini bersumber dari DBHCHT. data yang kami input berdasarkan data dari dinas kependudukan dan catatan sipil serta dari Dinsos sebab dinsos memiliki data warga miskin.


Ani berharap program UHC  masih baru, kita berterimakasih atas masukan dan kritikan semoga UHC mampu  menjamin kesehatan warga pasuruan.


Sumber- Jtn Media Network


( Sofi.A/P I)

Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form