-->
BERANDA PENDIDIKAN KESEHATAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN PERKEBUNAN TENAGA KERJA HUKUM ORGANISASI OLAHRAGA JAWA TIMUR JAWA TIMUR UPDATE JAWA TENGAH JAWA BARAT LINTAS NUSANTARA JAKARTA

Fenomena Baru, banyak anak muda yang bakal lolos jadi anggota DPR RI, DPRD PROVINSI dan DPRD Kab/Kot

Dilihat 0 kali
Caption Foto : Pengamat Hukum dan Kebijakan Publik Dr. Herman Hofi Munawar 


JAWATIMURNEWS.COM |   Senin  (19/2/2024)
ARTIKEL
,- 

Ditulis oleh : Dr. Herman Hofi Munawar 
(Pengamat Hukum dan Kebijakan Publik )

Hiruk pikuk Pemilu  2024 semakin mengerucut pada  hasil  pemilu, sepertinya  hasil  pemilu  2024 didominasi oleh legislatif muda  dari berbagai  dapil.

Persaingan pemilu 2024  memiliki corak dan  warna  tersendiri serta  banyak cerita dalam  proses  pemilu  2024.

Saat ini  masing-masing caleg  mempelototi  angka-angka perolehan  suara.

Pemilu  2024 ini memberikan peluang yang luas  pada  caleg muda untuk dapat merebut kursi parlemen sangat terbuka, dan   mendistribusikan kekuasaan politik secara merata, hal ini tidak hanya  karena  ada nya regulasi  tetapi juga  pemilih  di dominasi  oleh kaum muda, sehingga  mewujudkan demokratisasi nasional dan daerah semakin  terasa.

Pengamat Hukum dan Kebijakan Publik Dr. Herman Hofi Munawar mengatakan Keberadaan caleg-caleg muda di pemilihan umum 2024 di kalbar dan pada umumnya mereka mendominasi perolehan  suara,  dan peluang  para caleg muda  terpilih sebagai anggota legislatif cukup besar  berdasarkan perhitungan  sementara  yang dilakukan KPU secara manual. Katanya(19\2\2024).

Ia mengatakan Hal ini menjadi  menarik untuk dikaji, baik  proses  keterpilihan mereka maupun bagaimana kinerja  mereka  sebagai  wakil rakyat.

Diperkirakan  dengan dominasi anggota legislatif muda, maka dapat terjadi dinamisasi proses demokrasi dan polanisasi politik dalam proses  kerja kerja  politik di legislatif  sebagai mitra pemerintah  dalam melaksanakan  agenda pemerintahan  dan pembangunan.

Disamping  itu diperkirakan   sistem kepatuhan politik terhadap tokoh tua  yang bisa  bersifat  kontra produktif  jika  kepatuhan   dan rasa tidak nyaman  terhadap  tokoh tua/senior  yang dapat mendegradasi sikap kritis  anggota  legislatif  terhadap pemerintah.

 Kehadiran  legislatif  berusia muda ini di harapkan akan menjadikan semakin  kritis dan lebih demokratis, dan  dapat   mendongkrak sistem politik tradisional  yang lebih  cendrung bersifat piodalisme. 

Legislatif muda perlu mengasah  diri untuk  memiliki kompotensi dalam menjalankan tugas sebagai  wakil  rakyat.

Hal-hal  yang diperlukan dipersiapkan oleh legislatif muda  ini adalah terus menjaring  suara Masyarakat yang membutuhkan penyaluran aspirasi. Peran anggota legislatif mudah  yang  masih  energik  dan idealisme  masih terjaga  amat penting dalam upaya  meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentu  saja   mereka  terus mengasah  kemampuan menjalankan tugas nya   baik  fungsi  kontrol  maupun  fungsi  budgeting, karena perihal  APBD menjadi penting  dipahami dan di mengerti  sebagai  anggota legislatif. 

Dengan  demikian upaya  mengadvokasi kelompok yang termarjinalkan dalam masyarakat akan jelas dan terukur. dan mendorong  untuk mengedepankan transparansi  dalam berbagai kebijakan pemda. Untuk  itu harus benar-benar mengutamakan fungsi anggaran dan pengawasan, dan Fungsi Legislasi  untuk membongkar  Perda-perda  yang tidak berfungsi dan perda  yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk  itu kondisi ini merupaka   momentum penting untuk melakukan perubahan mendasar  atas kerja2 legislatif.

Pertanyaan nya mampukah mereka menjaga idealisme  menembus dominasi  eksekutif   dalam kebijakan  pemda 

Sekali lagi anggota  legislatif  ini harus mampu untuk unjuk kemampuan diri menjadi wakil rakyat yang idial. Maka  sangat  diperlukan Diskusi-diskusi  itu mengulas berbagai hal terkait  tugas sebagai anggota legislatif dengan merangkul para akademisi  atau para pakar  yang ada di daerah  Membiasakan untuk  berdiskusi   diharapkan bisa jadi ajang olah fikir  bagi para legislatif.tutupnya.  (Red)


Redaksi
Editor        :  Wms | Kemal



Sumber : JTN Media Network

JTN SUPORT BANK BRI An : PT.JATIM INTIPERKASA GLOBAL MEDIA, No. REK : 006501044064531

Post a Comment

No Spam,No SARA,No Eksploitasi
Komenlah yang berkualitas & berkelas

Previous Post Next Post

Contact Form